Menu

Mode Gelap

DPR RI · 23 Agu 2021 17:19 WIB

Bantuan Aspirasi Alsintan Untuk Pengembangan Petanian Kukar


 Bantuan Aspirasi Alsintan Untuk Pengembangan Petanian Kukar Perbesar

okeborneo.com , KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menerima bantuan aspirasi alat mesin pertanian (Alsintan) dari program aspirasi DPR RI kepada kelompok tani di UPTD Balai Benih dan Palawija Kutai Kartanegara, Minggu (23/8/21).

Edi Damansyah mengatakan ini merupakan bagian prioritas di Kukar dalam pengembangan pertanian khususnya alsintan yang menjadi kebutuhan petani untuk meningkatkan produktivitas.

“Program ini sinergisitas antara Kabupaten dengan DPR RI Dapil Kaltim dan DPRD Provinsi. Jadi kami di Kabupaten mengusulkan dan menyiapkan data kelompok tani yang akan menerima bantuan,” jelas Edi.

Edi mengatakan selalu menyampaikan kepada jajaran khususnya Dinas Pertanian dan Peternakan Kutai Kartanegara bahwa saat ini tidak bisa kerja sendiri, jadi bagaimana berkolaborasi dan bersinergi.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada Anggota DPR RI Dapil Kaltim, DPRD Provinsi Kaltim Dapil Kutai Kartanegara yang sudah sama-sama bekerja sehingga pada hari ini yang menjadi permohonan hasil pemetaan Dinas Pertanian dan Peternakan dapat terealisasikan,” ungkapnya

Edi juga menjelaskan ini pun belum tuntas dan akan dilakukan secara bertahap dengan harapan pertanian akan fokus bagaimana basis kawasan di Kukar yang sudah ditetapkan pada RPJMD dapat diwujudkan dalam 3 tahun kedepan.

Sementara itu Ketua Pemuda Tani Tunas Kelapa Kecamatan Muara Badak, Dedi Purwansyah salah satu penerima bantuan berupa Alsintan ini mengatakan mendapatkan satu buah unit traktor roda empat.

“Kelompok tani kami mendapatkan satu buah traktor roda empat dan dari ini harapannya kedepan bagaimana supaya lahan pertanian yang kami garap itu bisa lebih berkembang kemudian hasil panennya bisa melimpah,” ungkapnya.

Dedi juga berharap dapat memperluas jangkauan penanaman, karena sebelum ada alat ini kelompoknya melakukan secara manual semua sistemnya. Namun setelah adanya bantuan alat ini kelompoknya dapat memaksimal luasan tanam serta dapat memaksimalkan hasil panen.

Untuk diketahui Pemkab Kukar menerima bantuan alat mesin pertanian, aspirasi dari anggota DPR RI Dapil Kalimantan Timur, yakni Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian dan Wakil ketua komisi IV DPR RI G Budisatrio Djiwandono. (bdp/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tingkatkan Pendataan, Disdukcapil Kukar Inisiasi Program Jemput Bola

5 Juli 2024 - 11:12 WIB

PDIP Kukar Pastikan Edi Damansyah Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Bupati Kukar di Pilkada 2024

3 Juli 2024 - 16:48 WIB

Foto : Presscon Bappilu PDIP Kukar (angga/okeborneo.com)

Kunjungi Kukar, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Anggara Sitompul Bahas Ketahanan Pangan dan Netralitas Pilkada

28 Juni 2024 - 17:25 WIB

Teks foto : Kedatangan Danrem 091/ASN Brigjen TNI Anggara Sitompul di Makodim 0906/KKR (angga/okeborneo.com)

Tingkatkan Kapasitas Pelaku Parekraf di Balikpapan, Hetifah: Public Speaking Jadi Kebutuhan Untuk Makin Maju

23 Mei 2024 - 20:48 WIB

DPC PDIP Kukar Sebut Peluang Edi Damansyah Menjadi Bupati Kukar Masih Terbuka

19 Mei 2024 - 09:53 WIB

TEKS FOTO : Rilis pers DPC PDIP Kukar

Pesan Hetifah dalam Musrenbang Kaltim : 3 Isu Prioritas Kaltim ke Depan

3 Mei 2024 - 09:33 WIB

Trending di Pemerintahan