Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 24 Okt 2021 11:31 WIB

Disbun Bakal Bangun 20 Embung dan 20 Jalan Usaha Tani


 Disbun Bakal Bangun 20 Embung dan 20 Jalan Usaha Tani Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Muhammad Taufik menyebutkan bawha pihaknya bakal berkontribusi untuk membangun 20 embung dan 20 kilometer jalan usaha tani.

“Untuk Disbun sudah disepakati akan kontribusi 20 embung dan 20 km jalan usaha tani. Sudah kami siapkan di Renstra calon lokasi dan telah diindentifikasi sesuai dengan kriteria yang ada,” tuturnya.

Taufik juga menjelaskan, bahwa target pembangunan embung dan jalan usaha tani itu sudah masuk dalam prioritas Rencana Strategis (Renstra) Disbun. Termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, juga tertuang dalam program dedikasi Bupati dan Wakil Bupati Kukar.

Pembangunan ini embung dan jalan usaha tani ini juga masuk dalam misi Bupati dan Wabup Kukar terpilih yang ada dipoin ke-3, yaitu untuk meningkatkan pembangunan ekonomi berbasis pertanian pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dia menyampaikan, pembangunannya sudah direncanakan akan dikerjakan dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Dalam prosesnya juga akan diiringi dengan menumbuhkan pekebun milenial dibeberapa kecamatan di Kukar.

Di samping itu, pihaknya akan mengembangkan komoditas unggulan nasional dan andalan lokal. Beberapa komoditas berada di kawasan yang telah ditetapkan dalam renstra. Seperti karet di Kecamatan Marangkayu, Kelapa Dalam di Samboja dan Muara Jawa. Kelapa Sawit di Tabang, Kenohan dan Kembang Janggut. Terakhir, Lada ada di Loa Janan, Samboja dan Muara Badak.

“Itu semua bagian dari strategi pengembangan kawasan perkebunan, dalam hal ini dengan komoditas unggulan,” tutupnya. (adv/dkom/obl/ef)

Artikel ini telah dibaca 85 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berangkat dari Tarsul Seorang Warga, Kini Jembatan Sebulu akan Segera Membentang di Sungai Mahakam

1 Juli 2024 - 14:42 WIB

Teks Foto : Bupati Kukar Edi Damansyah saat memimpin groundbreaking pembangunan tahap pertama Jembatan Sebulu (angga/okeborneo.com)

Pemkab Kukar Sudah Penuhi Akses Internet dan Telekomunikasi di 14 Desa Blankspot

1 Juli 2024 - 14:02 WIB

Teks Foto : Plt Kepala Diskominfo Kukar Solihin (Istimewa)

Terus Galakkan Program Dedikasi Kukar Berkah, Pemkab Kukar Sudah Salurkan Bantuan Kepada 54 Ponpes

1 Juli 2024 - 12:57 WIB

Teks foto : Kabag Kesra Kukar, Dendy Irwan Fahriza (angga/okeborneo.com)

Tak Ambil Pusing Pencalonannya di Pilkada 2024, Edi Damansyah Fokus Sejahterakan Rakyat

19 Mei 2024 - 16:10 WIB

Penasihat DWP Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan ke Musium Mulawarman

27 April 2024 - 14:25 WIB

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Trending di Home