Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 27 Okt 2021 18:46 WIB

Distanak Kukar Sediakan Penyuluh Pertanian untuk Bantu Dampingi Petani


 Distanak Kukar Sediakan Penyuluh Pertanian untuk Bantu Dampingi Petani Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar menyediakan penyuluh pertanian untuk membantu mendampingi dan memberikan pembinaan kepada Gapoktan dan KWT.

Kepala Distanak Kukar, Sutikno mengungkapkan, pihaknya memiliki sekitar 161 penyuluh pertanian, baik itu PNS maupun PPPK.

Sejumlah penyuluh pertanian yang ada ini bertugas memberikan pembinaan secara terus-menerus kepada para petani yang ada di desa atau kelurahan. Mereka terjun ke lapangan secara langsung untuk memberikan pemahaman dan pembelajaran.

Memang diakuinya, untuk saat ini pihaknya kekurangan jumlah penyuluh pertanian. Bila dibandingkan jumlah penyuluh dengan poktan dan KWT yang ada di Kukar, tentu tidak sebanding. Namun, pihaknya segera memutar otak dan merekrut penyuluh swadaya dari petani maju yang totalnya sekarang ada 86 orang.

Dia menjelaskan, penyuluh pertanian yang ada saat ini dibagi-bagi keberbagai tempat yang memiliki poktan dan KWT. Namun jumlahnya tidak menentu, terkadang satu penyuluh ada ditiga desa. Ada juga yang satu desa saja memiliki dua sampai tiga penyuluh.

Contohnya seperti Desa Jonggon yang memiliki 36 poktan, dan sekarang mereka memiliki tiga penyuluh pertanian. Di sana, satu penyuluh bisa menjangkau dua kelurahan, dan masing-masing desa memiliki empat poktan. “Idealnya satu penyuluh itu membina delapan poktan,” katanya.

Dia menyampaikan bahwa ini semua merupakan bentuk komitmen Pemkab Kukar untuk terus meningkatkan pertanian di Kukar. Diharapkannya, pertanian di Kukar bisa semakin maju dan menyokong ekonomi petani. (adv/dkom/obl/ef)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Rendi Solihin Pastikan Beasiswa Kukar Idaman Kembali Dibuka di 2024

23 Januari 2024 - 20:22 WIB

Rendi Solihin Serahkan Bantuan Bus Sekolah ke Kecamatan Muara Jawa

20 Januari 2024 - 16:47 WIB

PAD Tahun 2023 Lepas Target, Bupati Kukar Akan Lakukan Evaluasi

3 Januari 2024 - 19:02 WIB

Realisasi Kegiatan Tahun 2023 Tembus 81 Persen

3 Januari 2024 - 19:00 WIB

Edi Damansyah Bagikan Bantuan di Kecamatan Sangasanga

2 Januari 2024 - 19:11 WIB

Trending di Home