Menu

Mode Gelap

DISPAR KUTAI KARTANEGARA · 30 Mei 2024 16:13 WIB

Festival Kampong Seraong Dapat Dukungan dari Dispar Kukar


 Teks foto : Kabid Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar, Antoni Kusbiantoro (istimewa) Perbesar

Teks foto : Kabid Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar, Antoni Kusbiantoro (istimewa)

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berikan dukungannya terhadap Festival Kampong Seraong yang bakal diselenggarakan di Desa Jembayan Tengah, Kecamatan Loa Kulu.

Adapun festival ini dilaksanakan  mulai 5 hingga 10 Juni 2024. Festival tahunan ini akan diadakan bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Jembayan Tengah yang ke-18.

Acara ini diharapkan dapat menarik banyak pengunjung dan menjadi ajang untuk mempromosikan budaya serta potensi lokal desa. Festival ini biasanya menampilkan berbagai kegiatan seperti pertunjukan seni, pameran produk lokal, lomba-lomba tradisional, dan kuliner khas daerah, yang semuanya bertujuan untuk mempererat kebersamaan warga dan memperkenalkan kekayaan budaya Desa Jembayan Tengah kepada khalayak yang lebih luas.

Kabid Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar, Antoni Kusbiantoro, pada Selasa (28/5/24) menyatakan bahwa Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) akan memberikan dukungan penuh untuk acara tersebut.

“Festival ini dilaksanakan bertepatan dengan HUT Desa Jembayan Tengah. Pada 5 Juni 2024 akan diadakan acara adat Tempong Tawar, dan pembukaan Festival Kampong Seraong dilakukan pada 6 Juni 2024,” kata Antoni.

Festival ini akan menampilkan berbagai acara menarik seperti pentas kesenian, pawai, perlombaan, bazar, Zumba, doorprize, serta pertunjukan Seni Adat Seraung dan Seni Adat Topeng Pantul. Selain itu, akan ada workshop pembuatan seraong, lomba gasing, dan lomba azan untuk anak-anak.

“Dispar Kukar akan memberikan dukungan berupa perlengkapan, panggung, dan pertunjukan kesenian. Namun, ini masih dalam proses persiapan. Kegiatan ini rutin dilaksanakan sebagai bentuk perhatian dan dukungan kami,” tambahnya.

Selain Desa Jembayan Tengah, Dispar Kukar juga telah memfasilitasi festival di beberapa daerah lain di Kukar, seperti Festival Mencaq Undat di Kecamatan Tabang dan festival di Dusun Putak Desa Loa Duri Ilir.

“Kami berharap festival-festival ini bisa diperbanyak, terutama di kecamatan yang memiliki basis budaya kuat. Festival ini penting untuk melestarikan budaya lokal dan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat,” pungkasnya. (adv/disparkukar/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Festival Eroh Bebaya Berhasil Jadi Perhatian Masyarakat Lokal Hingga Turis Asing di Yogyakarta

12 Juni 2024 - 23:08 WIB

Edi Damansyah Lakukan Silaturahmi Bersama KTNA Muara Kaman

11 Juni 2024 - 15:10 WIB

Teks foto :istimewa

Festival Eroh Bebaya Sukes Digelar, Dispar Kukar : Ini Bagian Promosi Wisata dan Kebudayaan Kukar

10 Juni 2024 - 09:53 WIB

Sektor Wisata di Kecamatan Kota Bangun Berikan Dampak Bagi Pelaku UMKM

8 Juni 2024 - 21:13 WIB

Teks foto : Desa Wisata Pela

Dispar Kukar Ajak Pelaku Industri Pariwisata ke Yogyakarta untuk Studi Tiru

8 Juni 2024 - 14:32 WIB

Teks foto : Suasana Sharing bersama Pelaku Pariwisata Yogyakarta (angga/okeborneo.com)

Dispar Kukar Lakukan Study Tiru dan Sharing Seasons di Yogyakarta, Kembangkan Sektor Pariwisata

8 Juni 2024 - 12:32 WIB

Teks foto : Suasana study tiru oleh Dispar Kukar (angga/okeborneo.com)
Trending di DISPAR KUTAI KARTANEGARA