Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 3 Mei 2024 13:38 WIB

Gelar Penguatan Kapasitas Pegiat Pariwisata, Hetifah : Kita Siapkan Paser jadi Daerah Mitra Unggulan IKN


 Gelar Penguatan Kapasitas Pegiat Pariwisata, Hetifah : Kita Siapkan Paser jadi Daerah Mitra Unggulan IKN Perbesar

okeborneo.com, Hetifah Sjaifudian, anggota DPR RI daerah pemilihan Kalimantan Timur, kembali memfasilitasi kegiatan penguatan kapasitas pegiat pariwisata Kabupaten Paser menggandeng Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI).

Hadir dalam acara tersebut Hetifah Sjaifudian (Wakil Ketua Komisi X DPR RI), Eddy Susilo (Analis Kebijakan Ahli Madya Kemenparekraf RI), Romif Erwinadi (Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata kab. Paser), dan Dian Rosita (Ketua PUTRI DPD Kaltim). Kegiatan diikuti oleh gak kurang dari 70 orang pelaku dan penggiat Pariwisata dan Ekonomi Keeatif Kabupaten Paser.

Romif Erwinadi menyampaikan bahwa ancaman terbesar destinasi wisata ini salah satunya terkait penggunaan lahan yg banyaknya digunakan untuk perkebunan sawit. Selain itu, pariwisata dan ekraf saling terkait yang membutuhkan ilmu untuk mengembangkan perencanaan kedepannya, inilah kenapa kegiatan seperti ini penting untuk dilaksanakan.

“Fokus saat ini adalah peningkatan SDM, pelaku usaha harus juga dilibatkan⁠ serta pelibatan Kades juga penting untuk pengembangan desa wisata di berbagai daerah di Paser,” ujarnya.

Eddy Susilo menegaskan bahwa IKN yang hadir di Kalimantan Timur membuka banyak peluang untuk daerah-daerah sekitarnya, termasuk Kab. Paser yang yang menjadi daerah mitra IKN.

Lebih lanjut Eddy Susilo menjelaskan beberapa hal yang menjadi konsen Kemenparekraf untuk peningkatan pengelolaan destinasi wisata dan kemampuan promosi dari para pelaku pariwisata di Paser.

“Dengan pembangunan IKN diharapkan lebih berkembang pemanfaatannya bagi masyarakat” jelasnya.

Hetifah yang juga Waketum partai Golkar itu menggarisbawahi bagaimana pengelolaan destinasi harus dimaksimalkan sesegera mungkin mengingat Paser sebagai mitra IKN.

“Dengan pembangunan ibu kota Nusantara, Kabupaten Paser menjadi pusat perhatian. Potensi pariwisata di sini sangat besar, mulai dari keindahan alam hingga warisan budaya. Ini adalah kesempatan emas untuk meningkatkan infrastruktur pariwisata, promosi yang lebih luas, dan kolaborasi antar pelaku industri untuk mengembangkan destinasi wisata yang berkelanjutan dan menarik,” jelasnya.

Hetifah lebih lanjut memaparkan bahwa perkembangan teknologi yang menghadirkan berbagai macam platform digital yang bisa dimanfaatkan untuk promosi destinasi wisata harus dilirik dan dimaksimalkan oleh semua pihak.

“Dalam era digitalisasi, teknologi menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing pariwisata. Para pelaku pariwisata di Kabupaten Paser dapat memanfaatkan teknologi seperti media sosial, aplikasi perjalanan, dan platform pemesanan online untuk meningkatkan eksposur dan aksesibilitas destinasi wisata.” tegasnya.

Politikus Golkar ini kembali menegaskan bahwa platform digital yang digunakan dengan baik akan menambah eksposur dan jangkauan dari para pegiat pariwisata

“Dengan pemanfaatan teknologi yang cerdas, kita dapat menjangkau lebih banyak wisatawan potensial dan memberikan pengalaman yang lebih baik.” tutupnya.(*/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

FEB Untag Samarinda Gelar Pengabdian Masyarakat di Kedang Ipil

27 Mei 2024 - 19:30 WIB

Semangat Belajar di Tengah Keterbatasan: Kisah Inspiratif dari SMP Negeri 9 Kota Bangun

11 Mei 2024 - 07:40 WIB

SMP Negeri 3 Tanjung Redeb Gelar Pelatihan Jurnalistik

10 Mei 2024 - 17:11 WIB

Peringati Hari Pendidikan Nasional, PT CNL Berikan Bantuan Insentif Guru

3 Mei 2024 - 13:49 WIB

Dorong Partisipasi Perempuan di Bidang Politik, DKP3A Kaltim- DP3A Kukar Berikan Advokasi

3 Agustus 2023 - 13:02 WIB

Hetifah Tegaskan Pentingnya Peran Guru Penggerak dalam Majukan Pendidikan

29 Juli 2023 - 17:35 WIB

Trending di DPR RI