Menu

Mode Gelap

Hukum - Kriminal · 25 Feb 2022 18:58 WIB

Lapas Kelas II A Tenggarong Kembali Jalankan Program Asimilasi


 Lapas Kelas II A Tenggarong Kembali Jalankan Program Asimilasi Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Lapas Kelas II A Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Mendapatkan program pengeluaran dan pembebasan narapidana melalui asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19, sesuai dengan Permen 24 tahun 2022 ini berlaku sampai 30 Juni 2022.

“Sampai hari ini sudah 68 orang warga binaan pemasyarakatan yang mendapatkan program asimilasi ini,” ucap Kepala Seksi Binapi Ahmad Harnadi, Jumat (25/2/2022).

Untuk pemantauan itu kita serahkan ke Balai Pemasyarakatan (Bappas), setelah itu mereka yang melanjutkan pembimbingan dan pengawasan. Dari Bapas nanti itu mewajbkan WP atau klien itu untuk lapor.

“Karena masa pandemi lapornya melalui video call, dan sekali dalam seminggu. Seiring waktu berkurang, biasanya sebulan dua kali, ” tambahnya.

Ahmad menjelaskan, untuk mendapatkan program asimilasi tersebut harus memenuhi syarat administratifnya tentunya dengan syarat – syarat yang ditemukan di Permen itu, kemudian ada juga harus berkelakuan baik, bukan residivis.

“Jadi bukan kasus narkoba yang masa hukumannya diatas 5 tahun, kasus korupsi atau kasus pembunuhan, semua kita lakukan dengan ketat untuk tahap seleksinya, ” kata Ahmad.

Mereka menjalani program asimilasi sampai selesai masa pidananya, kebetulan yang dapat asimilasi rumah juga hukumannya dibawah 5 tahun untuk Narkoba, jadi rata-rata langsung bebas. Ada juga dalam pengurusan bebas bersyaratnya.

“Jadi saat melaksanakan program itu dilanjutkan melaksanakan pembebasan bersyaratnya. Jadi rata-rata tidak kembali lagi ke lapas, ” tutupnya. (atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 63 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bejat! Seorang Ayah Kandung Asal Muara Kaman Perkosa Anak Kandung Sendiri

27 Mei 2024 - 19:30 WIB

Teks foto : Rilis Polres Kukar (angga/okeborneo.com)

Kedai Makanan Ditabrak Mobil PickUp Bermuatan Semangka, 1 Orang Meninggal Dunia

9 Maret 2024 - 13:03 WIB

Gitar Isi Ganja di Samarinda Tak Bertuan, BNNP Kaltim Telusuri Pengirim dan Penerimanya

6 Maret 2024 - 23:40 WIB

Mahasiswa di Samarinda Pesan Ganja Dalam Pigura Ditangkap BNNP Kaltim

6 Maret 2024 - 23:38 WIB

5,6 Kg Ganja Dimusnahkan BNNP Kaltim, 1,6 Kg Diantaranya Tak Bertuan

6 Maret 2024 - 23:34 WIB

Satu Orang Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Kembali Diamankan Polresta Samarinda

17 Oktober 2023 - 11:26 WIB

Trending di Hukum - Kriminal