Menu

Mode Gelap

Hukum - Kriminal · 20 Jul 2021 11:19 WIB

Maknai Keikhlasan Pada Perayaan Iduladha di Lapas Tenggarong


 Maknai Keikhlasan Pada Perayaan Iduladha di Lapas Tenggarong Perbesar

okeborneo.com, KUKAR – Lapas Kelas II A Tenggarong menggelar sholat ied berjamaah secara terbatas, hanya di ikuti oleh seluruh warga binaan dan petugas, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan di halaman lapas. Selasa (20/7/2021).

Immam sekaligus khotib Ahmad Zainuddin menyampaikan dalam khutbahnya bahwa ada makna keikhlasan dan berserah diri seorang hamba kepada Tuhannya, dimana Nabi Ibrahim AS, diminta untuk mengorbankan anaknya yakni Nabi Ismail AS yang kemudian Allah digantikan dengan seekor domba.

” Terlebih pada masa pandemi ini, mari jadikan iduladha sebagai sarana penguat rasa sosial dan kepedulian terhadap sesama,” katanya.

Pada tahun ini Lapas Tenggarong menerimq hewan kurban sapi sebanyak 6 ekor dan kambing sebanyak 2 ekor. Sumbangan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) dan masyarakat sekitar.

Pemotongan hewan kurban akan dibagi dalam tiga tahap, untuk pendistribusiannya akan disalurkan kepada warga sekitar lapas serta beberapa pondok pesantren yang ada di tenggarong, hal ini sejalan dengan semangat “Kumham Berbagi”.

Kalapas Kelas II A Tenggarong Agus Dwirijanto menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah menyumbangkan hewan kurban di Lapas Tenggarong.

” Saya atas nama pribadi serta institusi mengucapkan banyak-banyak Terima kasih bagi seluruh pihak yang telah menyumbangkan hewan kurbannya ke lapas Tenggarong, semoga sumbangan tersebut menjadi amal jariyah,” ucapnya.

Terkait layanan selama iduladha, Agus Dwirijanto menyampaikan bahwa Lapas Tenggarong tetap membuka layanan penitipan barang secara drive thru, hal ini dilakukan guna mengurangi interaksi antara penitip dengan petugas namun tetap dengan pemeriksaan yang ketat.

“Untuk layanan selama iduladha kali ini, Lapas Tenggarong tetap membuka layanan penitipan barang berkonsep drive thru yang bertujuan mengurangi kontak antara penitip barang dengan petugas dan layanan ini dibagi dalam 2 shitf dengan melibatkan seluruh staf dan pejabat struktural,” jelasnya.

Selain itu Kasi Binapi Lapas Kelas IIA Tenggarong Ahmad Harnadi menyebutkan bahwa seperti lebaran tahun lalu pihak lapas masih belum bisa membuka layanan kunjungan tatap muka secara langsung. Mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19 dan diterapkannya PPKM di wilayah Kukar.

“Seperti lebaran sebelumnya, lapas tenggarong tetap meniadakan layanan kunjungan secara langsung dan digantikan dengan layanan video call,” kata Ahmad Harnadi. (ob1)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bejat! Seorang Ayah Kandung Asal Muara Kaman Perkosa Anak Kandung Sendiri

27 Mei 2024 - 19:30 WIB

Teks foto : Rilis Polres Kukar (angga/okeborneo.com)

Kedai Makanan Ditabrak Mobil PickUp Bermuatan Semangka, 1 Orang Meninggal Dunia

9 Maret 2024 - 13:03 WIB

Gitar Isi Ganja di Samarinda Tak Bertuan, BNNP Kaltim Telusuri Pengirim dan Penerimanya

6 Maret 2024 - 23:40 WIB

Mahasiswa di Samarinda Pesan Ganja Dalam Pigura Ditangkap BNNP Kaltim

6 Maret 2024 - 23:38 WIB

5,6 Kg Ganja Dimusnahkan BNNP Kaltim, 1,6 Kg Diantaranya Tak Bertuan

6 Maret 2024 - 23:34 WIB

Satu Orang Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Kembali Diamankan Polresta Samarinda

17 Oktober 2023 - 11:26 WIB

Trending di Hukum - Kriminal