Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 5 Des 2021 11:05 WIB

Panduan Desa Peduli Penghidupan Berkelanjutan Perkaya Wawasan Masyarakat


 Panduan Desa Peduli Penghidupan Berkelanjutan Perkaya Wawasan Masyarakat Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Telah dilakukan Uji Publik terhadap Desa Peduli Penghidupan Berkelanjutan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KemendesPDTT) RI pada pertengahan November lalu.

Pesertanya mulai dari Kades, Kader Pendamping Desa, hingga pelaku usaha ekonomi desa. Pada prinsipnya Desa Peduli Penghidupan Berkelanjutan ini dapat berhasil ketika dapat bertahan dan pulih di tengah goncangan.

“Untuk itu kami konsen untuk memperkuat perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat desa” ujar Asisten I Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat.

Ini menjadi penting mengingat pendekatan penghidupan berkelanjutan merupakan jawaban atas permasalahan pembangunan dan tujuan pembangunan berkelanjutan secara global hingga ke tingkat desa. Sehingga Uji Publik ini diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat terkait pembangunan berkelanjutan.

“Uji publik ini memperkaya buku Panduan Desa Peduli Penghidupan Berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan kapasitas masyarakat,” harapnya.

Koordinator Pengelola SDA, Lingkungan dan Kebencanaan Anastutik Wiryaningsih, tujuan uji publik ini antara lain memberikan pengetahuan dan pemahaman menyeluruh kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota tentang Peningkatan Kapasitas Masyarakat dan Sistem Akuntabilitas Sosial. Sekaligus menumbuhkan pengetahuan serta pemahaman tentang nilai-nilai inklusivitas bagi pemerintah desa dan BPD, khususnya Kades di desa-desa percontohan dan non percontohan.

“Sasaran dari uji publik ini meliputi pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, serta pemerintah desa, dengan output buku Panduan Desa Peduli Penghidupan Berkelanjutan” terangnya. (adv/dkom/obl/ef)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berangkat dari Tarsul Seorang Warga, Kini Jembatan Sebulu akan Segera Membentang di Sungai Mahakam

1 Juli 2024 - 14:42 WIB

Teks Foto : Bupati Kukar Edi Damansyah saat memimpin groundbreaking pembangunan tahap pertama Jembatan Sebulu (angga/okeborneo.com)

Pemkab Kukar Sudah Penuhi Akses Internet dan Telekomunikasi di 14 Desa Blankspot

1 Juli 2024 - 14:02 WIB

Teks Foto : Plt Kepala Diskominfo Kukar Solihin (Istimewa)

Terus Galakkan Program Dedikasi Kukar Berkah, Pemkab Kukar Sudah Salurkan Bantuan Kepada 54 Ponpes

1 Juli 2024 - 12:57 WIB

Teks foto : Kabag Kesra Kukar, Dendy Irwan Fahriza (angga/okeborneo.com)

Tak Ambil Pusing Pencalonannya di Pilkada 2024, Edi Damansyah Fokus Sejahterakan Rakyat

19 Mei 2024 - 16:10 WIB

Penasihat DWP Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan ke Musium Mulawarman

27 April 2024 - 14:25 WIB

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Trending di Home