Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 3 Des 2021 14:11 WIB

9 Desa Dipilih Jadi Percontohan Dalam Program SIGAP


 9 Desa Dipilih Jadi Percontohan Dalam Program SIGAP Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyebutkan, terdapat 9 desa di Kukar yang dipilih oleh Tanoto Foundation dan Pemkab yang akan menjadi percontohan dalam Program Siapkan Generasi Anak Prestasi (SIGAP).

Diantaranya ada Desa Bendang Raya Kecamatan Tenggarong, Desa Loa Pari, Bukit Raya, Karang Tunggal Kecamatan Tenggarong Seberang. Kemudian dari Kecamatan Loa Kulu yakni Desa Sumber Sari, Ponoragan dan Sungai Payang.

Edi menyebutkan, bila sembilan desa yang dipilih bisa berhasil menjadi percontohan dan sukses sesuai dengan yang diharapkan, maka program itu akan dibangunkan menggunakan APBD Kukar. Karena memang untuk saat ini, untuk anggarannya sendiri masih berasal dari Tanoto Foundation.

Program SIGAP sendiri diperuntukkan untuk penguatan bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mulai dari 0-6 tahun. Pelaksanaannya pun baru direalisasikan di tiga Kabupaten/kota di Indonesia. Yakni, Pandeglang, Jakarta dan Kutai Kartanegara. Dalam hal ini, Tanoto Foundation hadir membantu membangun SDM melalui dunia pendidikan, khususnya di Kukar.

Untuk kegiatan PAUD di Kukar selama ini sudah berjalan, tetapi prosesnya selama ini masih normatif dan tidak ada inovasi yang dilakukan. “Dan ini ketemu, karena pola MoU dengan Tanoto Foundation itu mereka membuat konsepnya bagaimana membuat rumah belajar khususnya PAUD secara konsepsional, sistematis, terstruktur, terukur dan standar semuanya,” pintanya.

Melalui program ini juga, para guru akan diberikan pelatihan oleh mentor tenaga ahli dari Tanoto Foundation. Supaya para guru ini nantinya bisa melaksanakan tugas dengan baik.

Edi juga mengajak pihak swasta di setiap area kerjanya untuk busa membantu membuna rumah belajar dengan konsep yang sama. “Saat ini juga banyak pihak swasta yang bergerak di pendidikan tapi yang PAUD masih sedikit sekali,” tutup Edi. (adv/dkom/obl/ef)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berangkat dari Tarsul Seorang Warga, Kini Jembatan Sebulu akan Segera Membentang di Sungai Mahakam

1 Juli 2024 - 14:42 WIB

Teks Foto : Bupati Kukar Edi Damansyah saat memimpin groundbreaking pembangunan tahap pertama Jembatan Sebulu (angga/okeborneo.com)

Pemkab Kukar Sudah Penuhi Akses Internet dan Telekomunikasi di 14 Desa Blankspot

1 Juli 2024 - 14:02 WIB

Teks Foto : Plt Kepala Diskominfo Kukar Solihin (Istimewa)

Terus Galakkan Program Dedikasi Kukar Berkah, Pemkab Kukar Sudah Salurkan Bantuan Kepada 54 Ponpes

1 Juli 2024 - 12:57 WIB

Teks foto : Kabag Kesra Kukar, Dendy Irwan Fahriza (angga/okeborneo.com)

Tak Ambil Pusing Pencalonannya di Pilkada 2024, Edi Damansyah Fokus Sejahterakan Rakyat

19 Mei 2024 - 16:10 WIB

Penasihat DWP Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan ke Musium Mulawarman

27 April 2024 - 14:25 WIB

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Trending di Home