Menu

Mode Gelap

Prokom Kukar · 6 Jul 2024 15:49 WIB

Angka Kemiskinan Terus Menjadi Prioritas Pemkab Kukar


 Angka Kemiskinan Terus Menjadi Prioritas Pemkab Kukar Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terus bergerak cepat menangani kasus kemiskinan di 20 Kecamatan yang ada di Kukar. Meski memiliki sejumlah kendala dalam menangani masalah tersebut, melalui aplikasi Rumah Besar Penanggulangan Kemiskinan (RBPK). Penanganan kemiskinan ekstrim terus digencarkan Pemkab Kukar melalui program Dedikasi Kukar Idaman, Kesejahteraan Sosial Idaman.

Diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kukar Yuliandris. Di tahun 2024 ini, pihaknya tengah mendorong bantuan permakanan melalui RBPK. Permakanan sendiri menjadi salah satu indikator utama suatu wilayah mengalami kemiskinan ekstrim. Untuk itu, salah satu strategi mereka dalam menangani ini adalah menyalurkan berbagai bantuan sosial menyasar warga yang terdata di RPBK. Warga penerima bantuan ini sendiri memiliki kategori-kategori berbeda.

Di tahun 2024 ini, Yuliandris mengatakan, untuk program rehabilitasi sosial ada 850 orang kategori disabilitas, anak terlantar dan lanjut usia (Lansia) yang menerima bantuan permakanan berupa sembako. Kemudian bantuan barang alat bantu bagi disabilitas sebanyak 150 orang. Bantuan sandang dan pangan untuk 45 anak Sekolah Luar Biasa (SLB), dan 46 orang untuk orang terlantar di shelter.

Adapun bantuan program perlindungan dan jaminan sosial berupa uang tunai senilai Rp 200 ribu bagi 495 orang lansia, 45 anak terlantar dan 115 orang disabilitas. Dan bantuan berupa barang bagi 125 wanita rawan sosial ekonomi. Dan bantuan uang tunai sebesar Rp 900 ribu bagi veteran maupun janda veteran di Kukar.

“Bantuan ini kami serahkan tiap satu bulan sekali. Dari awal sampai akhir tahun,” ungkap Yuliandris, Sabtu (6/7/2024).

Yuliandris berharap, dengan disalurkannya bansos ini. Dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar serta menangani kemiskinan ekstrim di Kukar. Untuk itu, bantuan yang disalurkan menyesuaikan keperluan penerima manfaat. Seperti bantuan tunai, hingga bantuan barang berupa alat penunjang usaha. Yuliandris mengatakan strategi ini sangat diperlukan, sehingga realisasi program tepat sasaran dan manfaatnya dirasakan masyarakat.

“Kami juga rutin melakukan pemantauan dan evaluasi setiap bulannya agar bantuan tepat sasaran. Karena Bansos ini sifatnya ada yang dari pusat dan ada yang dari daerah,” tutup Yuliandris. (adv/prokomkukar/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Gaungkan GEMA, 259 ASN Ikuti MTQ Antar OPD se-Kukar

14 Juli 2024 - 17:05 WIB

Teks foto : Pembukaan MTQ antar OPD se- Kukar (Angga/okeborneo.com)

Program Kukar Berkah Terus Berlanjut, Ponpes Al Abgory Jadi Penerima Manfaat

12 Juli 2024 - 13:30 WIB

Teks foto : Istimewa

Buka Job Fair 2024, Bupati Kukar Berharap Serapan Tenaga Kerja Semakin Meningkat

12 Juli 2024 - 11:55 WIB

Teks Foto : Bupati Kukar Edi Damansyah bersama peserta Job Fair 2024

Percepat Penanganan Stunting, Pemkab Kukar Gelar Rakor Permasalahan Gizi

11 Juli 2024 - 16:15 WIB

Teks foto : Suasana rakor (angga/okeborneo.com)

Edi Damansyah Sambangi Korban Kebakaran Loa Ipuh, Tak Lupa Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada Kebakaran

11 Juli 2024 - 10:55 WIB

Teks Foto : Bupati Kukar Edi Damansyah saat meninjau lokasi kebakaran di Jalan Gunung Belah, Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong (Angga/okeborneo.com)

Kukar Festival Budaya Nusantara Resmi Berlangsung, Pemkab Kukar : Ini Bagian Dari Mempromosikan Budaya

8 Juli 2024 - 16:50 WIB

Teks foto : Peresmian KFBN di Stadion Rondong Demang (Angga/okeborneo.com)
Trending di Prokom Kukar