Menu

Mode Gelap
Mahasiswa Pascasarjana KPI UINSI Gelar Public Speaking Untuk Tahun 2023 , Distransnaker Kukar Usulkan Kenaikan UMK Kukar Sebesar 6.09 % DPRD Kukar Sambut Baik Usulan Kenaikan UMK Kukar Siswono Cahyono Minta Pemkab Berikan Solusi untuk PKL Berdagang Galang Dana Tanpa Izin di Lampu Merah, Sejumlah Anjal Ditertibkan Satpol PP Kukar

Peristiwa · 5 Agu 2022 18:58 WIB

Bungker Yang Meletup di SPBU Baru Di Kalibrasi Setelah 20 Tahun Beroperasi


 Bungker Yang Meletup di SPBU Baru Di Kalibrasi Setelah 20 Tahun Beroperasi Perbesar

okeborneo.com, SAMARINDA — Bungker BBM jenis pertalite yang meletup di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 64.752.02 baru dilakukan kalibrasi clening atau pembersihan bungker dengan kapasitas 30 KL.

Manager SPBU 64.752.02, Fahrul menjelaskan Kalibrasi dilakukan karena tidak akuratnya data stok BBM di SPBU tersebut, karena pada setiap bulannya terjadi penyusutan, yang kemudian pihaknya pun melakukan penelusuran penyebabnya.

“Jadi, sudah kami cek dari dispenser dan pengiriman, tidak ada masalah. Kami curiganya dari tangki pendam (bungker). Makanya dilakukan kalibrasi cleaning, karena sejak berdiri 20 tahun lalu tidak pernah dilakukan dan baru kali ini,” jelasnya.

Berdasarkan hal tersebut pihaknya langsung melaporkan kepada Pertamina untuk dilakukannya kalibrasi. Dan pekerjanya ditunjuk oleh SPBU yakni dari PT Sindo Adi Pratama di Balikpapan.

“Kami tetap laporan kepada Pertamina, sehingga untuk pengiriman di setop sementara. Jadi kami sendiri yang menunjuk perusahaan yang melakukan kalibrasi ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, memang posisinya saat itu sudah dibersihkan setelah itu dengan menggunakan blower untuk menghilangkan hawa.

“Rupanya pada waktu si anak (Dony) mencabut colokan, timbul percikan api, ya mungkin karena masih ada hawa-hawanya,” jelasnya.

“Tetapi sebentar beberapa detik saja (api), jadi kalau saya bilang ini kecelakaan kerja. Yang jelas, kalau dilihat ya pekerjaan mereka ini sudah safety,” pungkasnya. (bdp/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 62 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dua Rumah di Tenggarong Hangus Terbakar Dilahap Si Jago Merah

20 Oktober 2022 - 22:47 WIB

AKM dan SEMMI Kukar Tegas Menolak Kenaikan BBM

6 September 2022 - 19:39 WIB

Ayah dan Anak Menjadi Korban Meletupnya Bunker di SPBU Saat Lakukan Kalibrasi

5 Agustus 2022 - 18:19 WIB

Polisi Akan Panggil Ahli Terkait Spesifikasi Bunker

5 Agustus 2022 - 17:40 WIB

Pasca Insiden Meletupnya Bungker SPBU, Polisi Akan Periksa Sertifikasi Pekerja

5 Agustus 2022 - 17:35 WIB

Bunker SPBU Terbakar, Dua Orang Mengalami Luka Bakar

3 Agustus 2022 - 21:56 WIB

Trending di Peristiwa