Menu

Mode Gelap

DISPAR KUTAI KARTANEGARA · 22 Mei 2024 13:34 WIB

Desa Manunggal Jaya Terus Gali Potensi Wisata Desa


 Teks Foto : Kades Manunggal Jaya, Sukemi (Istimewa) Perbesar

Teks Foto : Kades Manunggal Jaya, Sukemi (Istimewa)

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA- Pemerintah Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, sedang aktif mendorong pengembangan sektor pariwisata sebagai salah satu unggulan desa.

Upaya ini melibatkan peran serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan masyarakat sekitar. Inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian lokal dan mengenalkan potensi wisata desa kepada khalayak yang lebih luas.

Selain sektor pertanian yang menjadi andalan, Desa Manunggal Jaya juga fokus pada pengembangan sektor pariwisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satu destinasi wisata yang berkembang adalah Kebun Belimbing milik warga sekitar, Sugiman.

Kebun Belimbing ini menawarkan pengalaman agrowisata yang menarik, di mana pengunjung dapat menikmati suasana perkebunan, memetik buah belimbing langsung dari pohonnya, dan menikmati produk olahan belimbing yang segar dan lezat. Pengembangan Kebun Belimbing sebagai destinasi wisata memiliki beberapa

Kepala Desa Manunggal Jaya, Sukemi, menyatakan bahwa pihaknya terus mendorong sektor pariwisata agar bisa mandiri dan berkembang. Salah satu fokus utama dalam pengembangan pariwisata desa ini adalah Kebun Belimbing milik warga Sugiman. Kebun ini terletak di Jalan Keham L2 Blok D RT. 015 Dusun Telaga Kencana, Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang.

“Selain kebun yang berisi tanaman buah belimbing, terdapat juga kolam renang anak, mini kebun binatang, dan taman bermain mini. Pengunjung dapat memetik buah belimbing sesuka hati dan membayarnya sesuai jumlah yang diinginkan. Tempat ini cocok bagi keluarga untuk bersantai dan berfoto,” ujar Sukemi Rabu (22/5/24).

Untuk mengunjungi Kebun Belimbing di Desa Manunggal Jaya, pengunjung hanya dikenakan biaya masuk yang sangat terjangkau, yakni Rp. 3.000 per orang. Selain itu, terdapat fasilitas kolam renang yang dapat dinikmati oleh pengunjung dengan biaya Rp. 10.000 per orang.

Fasilitas dan biaya yang terjangkau ini diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar daerah, untuk menikmati keindahan dan keunikan Kebun Belimbing serta berbagai aktivitas yang ditawarkan. Hal ini juga membantu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dan mempromosikan potensi wisata desa secara lebih luas.

Sukemi berharap pengembangan pariwisata di Manunggal Jaya terus berbenah dan berkembang. Pemdes juga berupaya mensupport wisata ini agar dikenal masyarakat luas, dengan bantuan dari Dinas Pariwisata berupa pelatihan dan sarana prasarana penunjang.

Sementara Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta, mengatakan bahwa Dinas Pariwisata mendukung pengembangan wisata di Desa Manunggal Jaya. Upaya ini juga membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata di Kukar.

“Intinya, kami siap mendukung pengembangan wisata ini dengan syarat harus memiliki Pokdarwis dan lahan yang digunakan sebagai wisata harus memiliki kepemilikan yang jelas,” tutup Ridha.(adv/disparkukar/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Festival Eroh Bebaya Berhasil Jadi Perhatian Masyarakat Lokal Hingga Turis Asing di Yogyakarta

12 Juni 2024 - 23:08 WIB

Edi Damansyah Lakukan Silaturahmi Bersama KTNA Muara Kaman

11 Juni 2024 - 15:10 WIB

Teks foto :istimewa

Festival Eroh Bebaya Sukes Digelar, Dispar Kukar : Ini Bagian Promosi Wisata dan Kebudayaan Kukar

10 Juni 2024 - 09:53 WIB

Sektor Wisata di Kecamatan Kota Bangun Berikan Dampak Bagi Pelaku UMKM

8 Juni 2024 - 21:13 WIB

Teks foto : Desa Wisata Pela

Dispar Kukar Ajak Pelaku Industri Pariwisata ke Yogyakarta untuk Studi Tiru

8 Juni 2024 - 14:32 WIB

Teks foto : Suasana Sharing bersama Pelaku Pariwisata Yogyakarta (angga/okeborneo.com)

Dispar Kukar Lakukan Study Tiru dan Sharing Seasons di Yogyakarta, Kembangkan Sektor Pariwisata

8 Juni 2024 - 12:32 WIB

Teks foto : Suasana study tiru oleh Dispar Kukar (angga/okeborneo.com)
Trending di DISPAR KUTAI KARTANEGARA