Menu

Mode Gelap

DISPAR KUTAI KARTANEGARA · 30 Mei 2024 16:24 WIB

Dispar Kukar Sebut Wisata Planetarium Jagad Raya Sudah Dikunjungi Ribuan Wisatawan


 Teks foto : Planetarium Jagad Raya (istimewa) Perbesar

Teks foto : Planetarium Jagad Raya (istimewa)

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara mengatakan Planetarium Jagad Raya Tenggarong telah berhasil menarik perhatian belasan ribu wisatawan. Terletak di Jalan Pangeran Diponegoro, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, planetarium ini menjadi salah satu destinasi edukasi dan rekreasi yang populer.

Planetarium tersebut dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WITA, menawarkan berbagai pertunjukan dan kegiatan yang memperkenalkan pengunjung pada keajaiban alam semesta dan ilmu astronomi. Keberadaan planetarium ini tidak hanya menjadi daya tarik wisatawan lokal tetapi juga memberikan kontribusi signifikan bagi edukasi masyarakat, khususnya di bidang astronomi.

Staf Informasi Planetarium Jagad Raya Tenggarong, Evi, mengungkapkan bahwa sejak pembukaannya kembali untuk publik pada 1 Januari 2024, planetarium ini langsung mendapat sambutan hangat, terutama dari para pelajar dan wisatawan lokal yang tertarik mengenal lebih dalam tentang tata surya.

“Alhamdulillah, hingga saat ini sudah ada sekitar 17.442 wisatawan yang berkunjung dari Januari hingga April 2024. Kami memperkirakan jumlah pengunjung akan meningkat mencapai 20 ribu sampai bulan Mei ini,”katanya.

Evi juga menyebutkan bahwa beberapa pengunjung telah melakukan reservasi jauh-jauh hari, bahkan ada yang datang dari Bontang, Penajam Paser Utara (PPU), dan daerah lainnya.

Planetarium ini menawarkan berbagai wahana, termasuk penayangan film dan edukasi tentang tata surya. Dengan kapasitas maksimal 85 kursi per sesi, minimal 30 orang pengunjung dibutuhkan untuk memulai penayangan.

“Kami juga memiliki momen tertentu untuk menggunakan teropong bintang, seperti saat terjadi gerhana matahari atau bulan baru. Saat ini, kami masih fokus pada penayangan film,” jelasnya.

Planetarium Jagad Raya Tenggarong juga menawarkan berbagai wahana menarik lainnya, mulai dari taman tata surya, diorama foto, teater bintang, hingga teropong bintang yang dapat digunakan pengunjung untuk melihat benda-benda langit secara langsung.

“Kami berharap kunjungan wisatawan ke Planetarium Jagad Raya Tenggarong terus meningkat, sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga ikut meningkat, khususnya di sektor pariwisata,”¬†tutupnya. (adv/disparkukar/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Festival Eroh Bebaya Berhasil Jadi Perhatian Masyarakat Lokal Hingga Turis Asing di Yogyakarta

12 Juni 2024 - 23:08 WIB

Edi Damansyah Lakukan Silaturahmi Bersama KTNA Muara Kaman

11 Juni 2024 - 15:10 WIB

Teks foto :istimewa

Festival Eroh Bebaya Sukes Digelar, Dispar Kukar : Ini Bagian Promosi Wisata dan Kebudayaan Kukar

10 Juni 2024 - 09:53 WIB

Sektor Wisata di Kecamatan Kota Bangun Berikan Dampak Bagi Pelaku UMKM

8 Juni 2024 - 21:13 WIB

Teks foto : Desa Wisata Pela

Dispar Kukar Ajak Pelaku Industri Pariwisata ke Yogyakarta untuk Studi Tiru

8 Juni 2024 - 14:32 WIB

Teks foto : Suasana Sharing bersama Pelaku Pariwisata Yogyakarta (angga/okeborneo.com)

Dispar Kukar Lakukan Study Tiru dan Sharing Seasons di Yogyakarta, Kembangkan Sektor Pariwisata

8 Juni 2024 - 12:32 WIB

Teks foto : Suasana study tiru oleh Dispar Kukar (angga/okeborneo.com)
Trending di DISPAR KUTAI KARTANEGARA