Menu

Mode Gelap

DP3A KUTAI KARTANEGARA · 16 Mei 2024 13:36 WIB

Dorong Perempuan Berdikari, DKP3A Kaltim dan DP3A Kukar Gelar Peningkatan Kapasitas dan Pemberdayaan


 Teks Foto : Peningkatan kapasitas dan pemberdayaan perempuan kewenangan provinsi di Kabupaten Kukar yang digelar DKP3A Kaltim dan DP3A Kukar bersama Kelompok PEKKA (Angga/okeborneo.com) Perbesar

Teks Foto : Peningkatan kapasitas dan pemberdayaan perempuan kewenangan provinsi di Kabupaten Kukar yang digelar DKP3A Kaltim dan DP3A Kukar bersama Kelompok PEKKA (Angga/okeborneo.com)

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kaltim bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kukar bersama Yayasan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) Jakarta menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya lembaga penyedia layanan pemberdayaan perempuan.

 

Acara ini berlangsung di Hotel Grand Fatma Tenggarong, terhitung sejak Rabu (15/5/2024) hingga Kamis (16/5/2024). Kegiatan ini diikuti oleh puluhan perempuan yang berperan sebagai kepala keluarga mereka. Selama dua hari, peserta dipastikan mendapatkan banyak pembelajaran dan pembekalan mengenai penguatan peran PEKKA bagi perempuan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

 

Kadis KP3A Kaltim Noryani Sorayalita, melalui Kabid Kesetaraan Gender Fachmi Rozano, mengungkapkan bahwa pemberdayaan perempuan sangat penting. Hal ini karena perempuan memiliki peran krusial dalam

 

“Masih ada anggapan bahwa perempuan masih kurang mampu memikul tanggung jawab di masyarakat. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan perannya perlu dibuat suatu langkah dan perhatian dari pemerintah, “ujarnya.

 

Agar perempuan mampu berperan sebagai pahlawan jenisnya seperti laki-laki. Sehingga ada kesetaraan antara peran laki-laki dalam semua akses ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

 

Fachmi menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong peningkatan indeks pemberdayaan dan pembangunan gender, yang masih rendah di Kalimantan Timur. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat mengurangi stigma negatif bahwa perempuan hanya bekerja di dapur. Ini membuktikan bahwa perempuan juga dapat berdaya di masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki, serta meningkatkan kualitas hidup keluarga mereka.

 

“Kami ingin mendorong wanita agar dapat mandiri dan menghidupi keluarga serta memberi sumbangan ekonomi terhadap daerah,” sebutnya.

 

Maka dari itu, KP3A Kaltim berkomitmen untuk terus memperkuat sektor perempuan. Dan di tahun ini pihaknya menetapkan kegiatan di tiga daerah yakni Samarinda, Balikpapan dan Kukar harapannya di tahun selanjutnya bisa menyeluruh di semua daerah.

 

Sementara itu, Sekretaris DP3A Kukar Hero Suprayetno mengapresiasi kegiatan yang digelar DKP3A Kaltim dengan yayasan PEKKA ini. Baginya, kegiatan ini selaras dengan program Bupati Kukar Edi Damansyah terkait peningkatan sumber daya manusia untuk meningkatkan kesejahteraan. Dengan fokusnya kegiatan ini terhadap perempuan sebagai kepala keluarga dengan pembekalan ekonomi. Beberapa pemberdayaan perempuan sendiri telah dilakukan Pemkab Kukar, dan Hero pastikan kedepannya aka nada lagi.

 

“Harapan kita nantinya di Kukar kemandirian kaum perempuan ini bisa meningkatkan ekonominya dan meningkatkan kapasitas sumber dayanya. Sehingga dapat berjalan terus menerus dan bisa mendukung program-program pemerintah dalam pembangunan,” harap Hero. (adv/dp3akukar/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

DP3A Kukar Berkomitmen Untuk Peningkatan Perempuan Mandiri Ekonomi Melalui Program Pemberdayaan Untuk Turunkan Angka Kekerasan

16 Mei 2024 - 13:46 WIB

Teks Foto : Sekretaris DP3A Kukar Hero Suprayetno (Angga/okeborneo.com)

DP3A Kukar Berikan Pendampingan dan Penginputan Aplikasi Simfoni PPA

14 Mei 2024 - 16:49 WIB

Teks Foto : Suasana Pendampingan dan penginputan aplikasi Simfoni PPA yang digelar DP3A Kukar (angga/okeborneo.com)

Hasil Rapat Bersama Asisten II Setkab Kukar Sepakati Pembangunan Gedung DP3A Digeser ke MPPA

14 Mei 2024 - 14:12 WIB

Teks foto : Suasana rapat (angga/okeborneo.com)

DP3A Kukar Gencarkan Sosialisasi Bahaya Kekerasan Perempuan dan Anak

11 Mei 2024 - 15:20 WIB

Teks Foto : Kabid Perlindungan Perempuan dan Khusus Anak (PP2KA) DP3A Kukar Marhaini (Angga/okeborneo.com)

Dukungan Penuh, Bupati Kukar akan Meresmikan MPPA Pertama di Indonesia

7 Mei 2024 - 16:33 WIB

Teks Foto : Mal Pelayanan Perempuan dan Anak Kabupaten Kutai Kartanegara (istimewa)

Pemkab Alokasikan Rp 7,2 M untuk Rehabilitasi Mall Pelayanan Perempuan dan Anak

7 Mei 2024 - 15:00 WIB

Teks foto : Kepala DP3A Kukar, Bambang Arwanto (angga/okeborneo.com)
Trending di DP3A KUTAI KARTANEGARA