Menu

Mode Gelap

DP3A KUTAI KARTANEGARA · 9 Jul 2024 12:56 WIB

DP3A Kukar Sebut Marjinalisasi Perempuan Masih Sering Terjadi


 Teks foto : Kepala DP3A Kukar, Bambang Arwanto (Angga/okeborneo.com) Perbesar

Teks foto : Kepala DP3A Kukar, Bambang Arwanto (Angga/okeborneo.com)

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA –  Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), menyoroti maraknya marjinalisasi perempuan di kalangan masyarakat. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala DP3A, Bambang Arwanto.

Ia mengatakan pandangan bahwa perempuan memiliki kedudukan yang lebih rendah dari laki-laki memang merupakan salah satu dampak dari budaya patriarki yang kuat di beberapa daerah. Pandangan ini tidak produktif bagi pembangunan, karena menghalangi perempuan untuk berpartisipasi secara penuh dan setara dalam berbagai bidang kehidupan.

“Narasi bahwa perempuan dan laki-laki harus sejajar adalah isu penting yang diangkat oleh pemerintah nasional. Ketika perempuan tidak memiliki kedudukan yang sama dengan laki-laki, ini berdampak negatif pada ekonomi, menyebabkan ketidakseimbangan dalam pertumbuhan ekonomi antara perempuan dan laki-laki,” ujar Bambang.

Padahal, diketahui bersama bahwa ekonomi kecil banyak digerakkan oleh perempuan, dengan hampir 50% dari sektor ini dijalankan oleh perempuan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberdayakan perempuan agar mereka dapat berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan ekonomi.

“Kesetaraan gender bukan hanya masalah keadilan sosial, tetapi juga kunci untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif,” kata Bambang.

Oleh karena itu, guna mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan, Bambang menyebutkan ada beberapa langkah yang bisa diambil, diantaranya Edukasi dan Pelatihan, Kebijakan dan Peraturan dan Pemberdayaan Komunitas

“Dengan menerapkan langkah-langkah ini, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan mendukung bagi perempuan. Ini tidak hanya akan membantu perempuan mencapai potensi penuh mereka, tetapi juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih adil dan merata,” sebutnya.

“Upaya untuk kesetaraan gender harus terus dilanjutkan dengan komitmen dan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil,” pungkas Bambang. (adv/dp3akukar/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemdes Giri Agung Apresiasi DP3A Kukar Karena Telah Berikan Pendampingan Sertifikasi Halal Kepada Produk UMKM

16 Juli 2024 - 17:13 WIB

Teks foto : Kades Giri Agung (Angga/okeborneo.com)

DP3A Kukar Berikan Pendampingan Sertifikasi Jaminan Halal Kepada Perempuan Pelaku Ekonomi

16 Juli 2024 - 16:15 WIB

Teks foto : Suasana pendampingan Sertifikasi Jaminan Halal (Angga/okeborneo.com)

Meski Belum Diluncurkan, MPPA Kukar Sudah Buka Pelayanan dan Siap Terima Aduan Masyarakat

15 Juli 2024 - 18:11 WIB

Teks foto : Kantor MPPA KUKAR

Wujudkan Perempuan Mandiri Ekonomi, DP3A-IWAPI Kukar Berlanjut Ketujuh Kecamatan

15 Juli 2024 - 14:40 WIB

Cegah Stunting, DP3A Kukar Berikan Edukasi Melalui Puspaga

13 Juli 2024 - 16:50 WIB

Teks foto : Hero Suprayitno (Angga/okeborneo.com)

DP3A Kukar Kirimkan Tiga Kafilah Dalam Pelaksanaan MTQ Antar OPD

13 Juli 2024 - 16:20 WIB

Teks foto : Sekdis DP3A Kukar, Hero Suprayitno (angga/okeborneo.com)
Trending di DP3A KUTAI KARTANEGARA