Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 27 Mei 2024 19:30 WIB

FEB Untag Samarinda Gelar Pengabdian Masyarakat di Kedang Ipil


 FEB Untag Samarinda Gelar Pengabdian Masyarakat di Kedang Ipil Perbesar

Meningkatkan Keberlanjutan Pendidikan serta UMKM Melalui Edukasi dan Pengembangan Wisata

okeborneo.com, SAMARINDA — Sebagai upaya mewujudkan tri dharma perguruan tinggi, Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas ekonomi dan bisnis (FEB) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Samarinda menggelar pengabdian masyarakat dengan beberapa fokus sasaran.

Target dari kegiatan tersebut meliputi keberlanjutan pendidikan bagi siswa sekolah dasar hingga perguruan tinggi,pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan meningkatkan potensi wisata desa kedang ipil.

Rangkaian kegiatan mahasiswa FEB Untag Samarinda ini digelar mulai dari hari Kamis-Minggu tanggal 23-26 Mei 2024.

Dalam program pengabdian masyarakat ini mahasiswa melakukan Diskusi,Diseminasi pelaksanaan kegiatan Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan serta mengeksplor air terjun dan pemasangan papan petunjuk menuju air terjun desa kedang ipil.

Ketua panitia Michael Jansen menjelaskan pada

kegiatan pengabdian masyarakat kali ini FEB Untag Samarinda mengangkat tema “Meningkatkan keberlanjutan pendidikan serta UMKM melalui edukasi dan pengembangan destinasi wisata desa kedang ipil”.

“kegiatan ini dilaksankan sebagi bukti nyata kami dalam melaksanakan insan akademis dan insan pengabdi. Kegiatan kami juga dihadiri dan dibersamai oleh Kepala desa,Pokdarwis,wakil ketua adat setempat dan masyarakat kedang ipil,” jelasnya.

Kegiatan kali ini mahasiswa berfokus pada edukasi pendidikan serta ikut serta mendongkrak penghasilan masyarakat di desa kedang ipil serta eksistensi air terjun.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini kami menjadi tahu minat bakat siswa sekolah dasar,pendapatan masyarakat desa kedang ipil dengan berdagang gula merah dan keindahan air terjun yang ada di desa kedang ipil,” jelasnya.

Karena itu lanjut Michael, kami akan menjadi mitra masyarakat dengan membantu mempromosi wisata desa dan ikut serta mendistribusikan gula merah tersebut dan ini menjadi bukti nyata manfaat kehadiran Ormawa FEB Untag Samarinda bagi masyarakat sekitar melalui kegiatan pengabdian kami.

Sementara itu, Kepala Desa Kedang Ipil Kurwansyah mengatakan sangat berbahagia dan berterima kasih kepada mahasiswa yang sudah berkegiatan di desanya.

“Semoga melalui kegiatan pengabdian masyarakat di desa kami, mahasiswa dan masyarakat dapat saling merasakan manfaatnya,” ucapnya.

Jadi kami berharap melalui kegiatan ini masyarakat yang berpartisipasi juga mendapatkan ilmu pengetahuan baru serta dapat lebih mengoptimalkan potensi bisnis sehingga menciptakan pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan baik dari UMKM maupun potensi pariwisata yang ada. (bdp/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Semangat Belajar di Tengah Keterbatasan: Kisah Inspiratif dari SMP Negeri 9 Kota Bangun

11 Mei 2024 - 07:40 WIB

SMP Negeri 3 Tanjung Redeb Gelar Pelatihan Jurnalistik

10 Mei 2024 - 17:11 WIB

Peringati Hari Pendidikan Nasional, PT CNL Berikan Bantuan Insentif Guru

3 Mei 2024 - 13:49 WIB

Gelar Penguatan Kapasitas Pegiat Pariwisata, Hetifah : Kita Siapkan Paser jadi Daerah Mitra Unggulan IKN

3 Mei 2024 - 13:38 WIB

Dorong Partisipasi Perempuan di Bidang Politik, DKP3A Kaltim- DP3A Kukar Berikan Advokasi

3 Agustus 2023 - 13:02 WIB

Hetifah Tegaskan Pentingnya Peran Guru Penggerak dalam Majukan Pendidikan

29 Juli 2023 - 17:35 WIB

Trending di DPR RI