Menu

Mode Gelap

Home · 28 Jul 2023 14:47 WIB

Gelar Workshop Pendidikan PAUD, Hetifah Dorong Kemandirian Anak-anak


 Gelar Workshop Pendidikan PAUD, Hetifah Dorong Kemandirian Anak-anak Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Hetifah Sjaifuddian melaksanakan workshop pendidikan. Dengan tema, “Transisi PAUD Menuju SD yang Menyenangkan’. Kegiatan tersebut berlangsung di Swiss-belhotel, Samarinda, Jumat (28/7/2023).

Acara tersebut diikuti oleh ratusan tenaga pendidik asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dengan dihadiri langsung oleh Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud).

Hetifah mengatakan, harus ada peran pemerintah daerah dalam mendukung anak-anak untuk berkembang menjadi lebih baik. Tentunya ini sudah menjadi isu lama, dan sekarang harus kembali digalakkan agar bagaimana mereka menjadi anak yang tumbuh dengan kreativitas dengan keberanian dan kemandirian.

“Itu hanya bisa diciptakan di ekosistem yang membebaskan, jadi tidak ada paksaan dari mulai kecil harus belajar untuk memahami menguasai keterampilan secara terpaksa, ” ujar Hetifah.

Menurutnya, pembelajaran calistung tidak mesti diberikan akan tetapi harus tahu apa yang dibutuhkan yaitu tentang literasi. Jadi anak-anak itu bisa belajar hidup bagaimana agar sebagai manusia pondasinya terbentuk sedemikian rupa agar mereka siap belajar sehingga dapat mengembangkan potensi dilevel tertinggi.

“Jadi sosialisasi ini bukan hanya kepada guru dan kepsek tapi juga orang tua, saya juga belum ada menyasar kalangan orang tua mungkin nanti di kesempatan lain tidak menutup kemungkinan itu bakal terjadi, ” katanya.

“Karena kadang-kadang orang tua yang memberikan suatu standar kepada anak-anak sering membandingkan satu anak dengan anak lainnya terus menciptakan satu situasi yang dapat membuat anak tertekan, ” sambungnya.

Maka dari itu harus dirubah. Semua itu harus menyenangkan, DPR RI dalam hal ini terus mendukung dan mengawasi juga bagaimana pelaksanaan di lapangan. (atr)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Desa Wisata Pela Dapat Terima Penghargaan Kalpataru, Dispar Kukar : Ini Suatu Kebanggaan untuk Kukar

5 Juni 2024 - 14:14 WIB

Teks foto : Plt Kadispar Kukar, Sugiarto (angga/okeborneo.com)

Tahun Baru Caka 1946, Tiga Ogoh-ogoh Pura Jagat Hita Karana Samarinda di Arak

10 Maret 2024 - 21:46 WIB

OBITUARI: Andi Setiadi, Wartawan Setia Kejujuran Berpulang

10 Maret 2024 - 11:08 WIB

Hari Perempuan Internasional ,Hetifah : Perempuan Punya Peran Penting dalam Ekonomi Kreatif

9 Maret 2024 - 21:32 WIB

Kedai Makanan Ditabrak Mobil PickUp Bermuatan Semangka, 1 Orang Meninggal Dunia

9 Maret 2024 - 13:03 WIB

Dukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir, PT WKP Bantu Kelompok Nelayan Desa Sesulu

7 Maret 2024 - 16:43 WIB

Trending di Home