Menu

Mode Gelap

DPR RI · 17 Mar 2022 19:18 WIB

Hetifah Bersama Kemenparekraf Dorong Optimalisasi Konten Digital dan Pengembangan Industri Pariwisata


 Hetifah Bersama Kemenparekraf Dorong Optimalisasi Konten Digital dan Pengembangan Industri Pariwisata Perbesar

okeborneo.com, SAMARINDA — Kementerian pariwisata ekonomi kreatif (Kemenparekraf) bersama Wakil ketua Komisi X gelar bimbingan teknis yang diselenggarakan Kemenparekraf atas aspirasi Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP yang diselenggarakan pada Selasa (15/3/2022) di Hotel Harris Samarinda.

Kegiatan yang mendorong generasi milenial untuk mewujudkan ‘Optimalisasi Konten Digital Dan Pengembangan Industri Pariwisata Serta Ekonomi Kreatif Kalimantan Timur untuk menyambut IKN Nusantara’.

Dalam bimtek yang diselenggarakan turut hadir pula, Ketua umum Asprodi DKV Indonesia, Dr Intan Rizky Mutiaz,M.Ds dan Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Muhammad Neil El Himam serta Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Timur (Kaltim) Sri Wahyuni MPP.

Wakil ketua Komisi X, Hetifah Sjaifudian mengatakan dari kegiatan ini ia berharap dapat menjadi dorongan kepada penggiat konten digital untuk pengembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif Kaltim menyambut IKN Nusantara.

Disebutkan pula para peserta yang hadir dari berbagai lapisan dari 17 subsektor ekonomi kreatif dan pemuda pemuda keren yang sudah memiliki banyak pengikut dan telah menghasilkan serta membuktikan pencapaiannya.

“Salah satu yang hadir sini Angga, itu baru lulus dengan tesisnya tentang bahasa Paser dengan memanfaatkan aplikasi yang mana untuk menarik minat masyarakat khususnya Kaltim mempelajarinya bahasa Paser,” ucapnya memberikan contoh.

Selain itu Hetifah menyebut ia juga menyalurkan beasiswa kepada masyarakat yang portofolionya cukup untuk mengemban pendidikan lebih lanjut.

“Selain itu ada Wahyudi yang juga membuatnya aplikasi dengan menggunakan metode video 360 untuk pengunjung virtual museum Mulawarman dan sangat bagus,” tambahnya.

Dikatakannya pula di komisi X di bidang kebudayaan seperti soal bahasa, pihaknya sudah meresmikan ke tujuh merdeka belajar dan kampus merdeka yang isinya revitalisasi bahasa daerah.

“Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja,” jelasnya.

Karena berbicara ekonomi kreatif, lanjut Hetifah yang berarti bukan hanya sekedar ekonomi biasa dam kita bukan sekedar jual beli tapi bagaimana dengan aktivitas yang dilakukan.

“Tapi dengan modal pengetahuan kita dan apa yang ada disekitar lingkungan kita. Jadi ada banyak orang yang memandang IKN Nusantara khususnya Kaltim ini dari segala belahan dunia dengan ingin tahu potensi apa yang di miliki Kaltim,” ungkapnya.

Jangan berharap investor pariwisata datang jika kita belum bisa menunjukkan potensi apa saja yang kita miliki,selain itu ada kekayaan intelektual, teknologi yang sebagai kunci dan budaya yang harus diperhatikan.

Hetifah memberikan contoh salah satu subsektor ekonomi yang dapat menjadi nilai tambah.

“Misalnya buat baju sederhana tapi di kombinasikan dengan aksesoris kebudayaan, itu dapat menjadi nilai tambah berkali-kali lipat untuk masyarakat,” sebutnya.

Ini masanya ekonomi digital,Apalagi masa sekarang kita didalam kondisi pandemi yang bisa bertahan adalah pelaku ekonomi kreatif yang menguasai teknologi digital.

“Jadi beberapa ekonomi kreatif bisa memanfaatkan platform digital karena industri kreatif tidak memiliki batas,” katanya.

Saat ini banyak anak-anak juga yang mulai berlomba untuk terjun ke dunia digital, seperti menjadi konten kreator, pembuat aplikasi dan sebagainya.

“Jadi saya harapkan tahun 2022 ini bersama-sama kita ciptakan 1000 konten kreator di Kaltim IKN Nusantara,” harapnya.

“Ada 17 sektor ekonomi kreatif yang bukan sekedar hobi tapi juga bernilai ekonomi dan berperan bagi ekonomi daerah,” pungkasnya. (bdp/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tingkatkan Kapasitas Pelaku Parekraf di Balikpapan, Hetifah: Public Speaking Jadi Kebutuhan Untuk Makin Maju

23 Mei 2024 - 20:48 WIB

Hetifah Tegaskan Pentingnya Peran Guru Penggerak dalam Majukan Pendidikan

29 Juli 2023 - 17:35 WIB

Hetifah Tegaskan Pentingnya Peran Guru dalam Transisi PAUD Menuju SD yang Menyenangkan

28 Juli 2023 - 17:17 WIB

Hetifah Fasilitasi Penguatan Kapasitas Pelaku Ekraf Atas Pelindungan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)

15 Juli 2023 - 12:59 WIB

Perhelatan TRF 2023, Perputaran Ekonomi Ditaksir Mencapai Puluhan Juta Rupiah

25 Juni 2023 - 09:58 WIB

Sebanyak 19 Ribu Pelajar di Kukar Terima Beasiswa PIP Jalur Aspirasi Hetifah Sjaifudian

24 Juni 2023 - 15:17 WIB

Trending di DPR RI