Menu

Mode Gelap

Home · 24 Sep 2023 10:37 WIB

Keren! Usai Nonton Kukarland Festival 2023, Wabup Rendi Solihin Terjun Langsung Punguti Sampah


 Keren! Usai Nonton Kukarland Festival 2023, Wabup Rendi Solihin Terjun Langsung Punguti Sampah Perbesar

Suasana pembersihan venue Kukarland Festival (Angga/okeborneo.com)

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA- Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin memang kerap kali menuangkan prestasi selama ikut memimpin Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Selain berhasil mendapat sejumlah penghargaan di sektor ekonomi kreatif, Wabup Rendi Solihin juga kerap kali melakukan aksi sosial yang tak jarang membuat banyak orang kagum.

Seperti baru-baru ini di Kukarland Festival 2023, Wabup Rendi Solihin terlihat memunguti sampah usai festival selesai.

Meski sudah tengah malam, Rendi tetap membereskan sampah yang berserakan bersama para panitia dan volunteer Kukarland Festival. Dengan mengenakan kaos hitam dan celana jeans, membawa kantong hitam besar dan memungut sampah yang berserakan di Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang.

Wabup Rendi Solihin mengatakan, aksinya memunguti sampah bertujuan untuk membantu dan meringankan kerja petugas kebersihan. Setelah acara selesai, ia berkeinginan semua lokasi atau venue Kukarland Festival bersih dan tidak meninggalkan sampah yang mengganggu aktivitas masyarakat.

“Kami bersama teman volunteer gotong royong selesai acara. Ini bukti kolaborasi dari semua pihak yang terlibat malam hari ini. Ada beberapa beberapa OPD juga yang ikut bergabung,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Kukarland Festival 2023 menjadi helatan hajat musik di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang ramah lingkungan.

Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin membuktikan, bahwa konser ramah lingkungan bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan.  Hal tersebut diwujudkan melalui beberapa langkah. Di antaranya, meminimalisir penggunaan plastik, kemudian mengganti wadah makanan maupun minuman dengan menggunakan gelas atau piring kertas.

“Kukarland Festival 2023 sangat spesial karena banyak sekali mengadopsi kultur budaya dan kami berkomitmen untuk meminimalisir sampah plastik saat berlangsungnya konser,” terangnya.

Selain itu, pengunjung Kukarland Festival 2023 juga mendapat edukasi mengenai pemilahan sesuai dengan dua jenis sampah. Yakni, organik, dan sampah daur ulang. Menurut, Wabup Rendi Solihin, hal tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dalam menjaga lingkungan bersih dan sehat.

Pihak panitia Kukarland Festival 2023 pun telah menyediakan bak atau kantong sampah di beberapa titik agar pengunjung konser mudah mengakses lokasi pembuangan barang tak terpakai.

“Kami mencoba menunjukkan bahwa menjadi bersih dan hijau (ramah lingkungan) adalah sebuah bentuk komitmen yang baik,” tandas laki-laki kelahiran 1991 itu. (atr)

Artikel ini telah dibaca 46 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Desa Wisata Pela Dapat Terima Penghargaan Kalpataru, Dispar Kukar : Ini Suatu Kebanggaan untuk Kukar

5 Juni 2024 - 14:14 WIB

Teks foto : Plt Kadispar Kukar, Sugiarto (angga/okeborneo.com)

Tahun Baru Caka 1946, Tiga Ogoh-ogoh Pura Jagat Hita Karana Samarinda di Arak

10 Maret 2024 - 21:46 WIB

OBITUARI: Andi Setiadi, Wartawan Setia Kejujuran Berpulang

10 Maret 2024 - 11:08 WIB

Hari Perempuan Internasional ,Hetifah : Perempuan Punya Peran Penting dalam Ekonomi Kreatif

9 Maret 2024 - 21:32 WIB

Kedai Makanan Ditabrak Mobil PickUp Bermuatan Semangka, 1 Orang Meninggal Dunia

9 Maret 2024 - 13:03 WIB

Dukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir, PT WKP Bantu Kelompok Nelayan Desa Sesulu

7 Maret 2024 - 16:43 WIB

Trending di Home