Menu

Mode Gelap

Sosial · 26 Jan 2022 13:40 WIB

Lapas Tenggarong Inginkan Zero Narkoba


 Lapas Tenggarong Inginkan Zero Narkoba Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Sejak digaungkan pada tahun 2021 tentang 3 (kunci) pemasyarakatan maju dan back to basics pemasyarakatan. Seluruh jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tenggarong terus mendukung program sekaligus mewujudkan Lapas menuju Zero Narkoba. Di antaranya dengan melakukan sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), Selasa (25/01/2022).

Kegiatan diawali dengan sosialisasi oleh bagian seksi pembinaan narapidana kepada seluruh kepala kamar hunian yang berlokasi di aula lapas. Kepala Seksi Binapi, Ahmad Harnadi menjelaskan tentang hak dan kewajiban setiap warga binaan pemasyarakatan (WBP) termasuk didalamnya tentang larangan-larangan bagi wbp.

“Kepada seluruh WBP saya tegaskan bahwa setiap WBP yang akan bebas bersyarat maupun yang akan di usulkan penelitian kemasyarakatan (litmas) akan dilakukan tes urine,” jelasnya.

Tes urine dilakukan sebagai bagian dari program zero narkoba, Ahmad Harnadi juga menambahkan tentang sanksi yang akan diterima oleh WBP yang melanggar atau terbukti positif.

“Sanksi tegas akan kami terapkan, kami akan lakukan sidang penjatuhan hukuman disiplin dan dipastikan hukuman disiplin tingkat berat,” tambahnya.

Salah satunya WBP yang terbukti positif saat tes urine akan tercatat pada buku register F yakni buku catatan pelanggaran WBP yang akan berdampak kepada proses pemberian remisi dan program integrasi.

“Setiap WBP yang tercatat di register bisa tidak di usulkan remisi selama satu tahun,” ungkapnya.

Sementara itu dalam mendukung hal ini jajaran pengamanan juga mendapatkan penguatan tugas pokok dan fungsi yang disampaikan oleh KPLP Lapas Kelas II A Tenggarong, Yudi Hari Yanto dan Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib, Halif Shodiqulamin.

Pada kesempatan ini, Yudi menyampaikan tentang pentingnya pendekatan humanis terhadap WBP dalam menciptakan suasana Lapas yang aman dan tertib.

“Melalui pendekatan ini, kita sampaikan kepada WBP tentang pentingnya untuk saling menjaga kondisi lapas termasuk dalam rangka pencegahan peredaran gelap Narkotika di dalam lapas,” tuturnya.

Yudi tidak ingin WBP atau bahkan petugas pengamanan terlibat dalam tindakan pidana ini. “Saya tidak ingin ada pengembangan kasus narkoba di lapas ini, pengamanan sebagai garda terdepan dalam hal pencegahan harus menjadi perhatian serius,” imbuhnya.

Selain itu sebagai langkah deteksi dini baik berupa kontrol kamar hunian secara acak dan berkala serta melakukan kontrol area beranggang.

“Langkah tersebut bertujuan sebagai upaya pencegahan terjadinya pelanggaran tata tertib WBP atau mencegah masuknya benda-benda terlarang kedalam lapas,” ujar Halif Shodiqulamin saat menyampaikan paparannya.

Pentingnya dari pelaksanaan deteksi dini adalah pelaksanaan tindakan-tindakan intelejen yang dilakukan oleh petugas untuk menggali atau mendapatkan informasi. “Sekecil apapun informasi yang didapat akan di analisa dan akan dikoordinasikan dengan aparat penegak hukum lainnya sebagai bagian dari senergitas,” tambahnya.

Sementara itu Kalapas Kelas II A Tenggarong Agus Dwirijanto menyampaikan, dari rangkaian kegiatan ini adalah aksi nyata seluruh jajaran Lapas Kelas II A Tenggarong dalam mendukung terwujudnya pemasyarakatan maju dan back to basics pemasyarakatan.

“Kami berkomitmen Lapas Tenggarong zero narkoba dan kami melakukan segala upaya untuk mewujudkan itu semuanya”, pungkasnya. (atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hetifah Tegaskan Dorong Pelibatan Masyarakat dalam Event Pariwisata di Kukar

25 Maret 2024 - 20:35 WIB

Hetifah

IM3 Hadirkan Kampanye Nyatakan Silaturahmi dengan Freedom Internet dan Pasar Ramadan IM3 di Samarinda

14 Maret 2024 - 21:47 WIB

LSP Pembicara Kompeten Kini Miliki 11 Asesor Kompeten

13 Maret 2024 - 13:01 WIB

Hadapi Ramadan, Gelar Pelita Day 2024

12 Maret 2024 - 18:35 WIB

Kebakaran Besar di Muara Kaman Pemkab Kukar Sigap Turunkan Bantuan Logistik

7 September 2023 - 14:10 WIB

Dalam Rangka HUT ke-76 TNI AU, Lanud Dhomber Gelar Bhakti Sosial di Monumen Pancasila Tenggarong

21 Juli 2023 - 14:51 WIB

Trending di Home