Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 29 Apr 2022 17:33 WIB

Libur Lebaran, Pemkab Kukar Akan Sediakan Gerai Vaksin di Setiap Lokasi Wisata


 Libur Lebaran, Pemkab Kukar Akan Sediakan Gerai Vaksin di Setiap Lokasi Wisata Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) akan menyediakan gerai vaksinasi selama perayaan Hari Raya Idulfitri 1443 H di kawasan objek wisata.

Langkah ini sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Kukar. Sekaligus memudahkan bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin sambil liburan dapat memanfaatkan gerai vaksin untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

“Secara teknis akan diatur oleh masing-masing kecamatan yang memiliki tempat wisata dengan kolaborasi instansi terkait dalam menyiapkan gerai vaksin. Bagi pengunjung yang akan memasuki objek wisata terlebih dahulu akan melewati skrening vaksinasi apakah sudah vaksin atau belum, jika belum akan diarahkan ke gerai untuk vaksinasi,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono.

Selain itu dia juga meminta semua jajaran camat baik yang memiliki objek wisata di wilayahnya maupun yang tidak ada wisatanya tetap membuat dan menyerahkan jadwal vaksinasi. Yang nantinya dikolaborasikan dengan jadwal tenaga kesehatan yang akan bertugas pada masing-masing gerai vaksinasi.

“Saya minta semua camat baik yang ada lokasi objek wisatanya maupun yang tidak ada objek wisata harus membuat jadwal vaksinasi seperti halnya yang ada objek wisata. Sehingga memudahkan pembagian tenaga kesehatan yang akan bertugas.,” tegas Sunggono.

Sunggono meminta masing-masing kecamatan yang warganya sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau sejenisnya agar dipastikan sudah melakukan vaksinasi Covid-19 terlebih dahulu.

“Pastikan penerima BLT atau sejenisnya sebelum diserahkan sudah memiliki sertifikat vaksinasi ketiga atau booster. Sehingga para lansia kita benar-benar terlindungi kesehatannya dengan baik,” pungkasnya.

Diketahui, berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar, capaian vaksinasi di Kukar saat ini terdiri dari Dosis I sebanyak 509,612 atau 92,9 persen. Dosis II 411.596 atau 75,1 persen dan Dosis III 78,834 atau 14,4 persen. (atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

DPC PDIP Kukar Sebut Peluang Edi Damansyah Menjadi Bupati Kukar Masih Terbuka

19 Mei 2024 - 09:53 WIB

TEKS FOTO : Rilis pers DPC PDIP Kukar

Pesan Hetifah dalam Musrenbang Kaltim : 3 Isu Prioritas Kaltim ke Depan

3 Mei 2024 - 09:33 WIB

Sektor Perikanan di Kukar Melejit, Rahmat Dermawan Puji Kepemimpinan Edi-Rendi

4 April 2024 - 15:19 WIB

Rahmat Dermawan

Mahasiswa Kukar di Malang Akui Rendi Solihin Gercep, Asrama Putra Segera Direhab Total

11 September 2023 - 13:28 WIB

Kebakaran Besar di Muara Kaman Pemkab Kukar Sigap Turunkan Bantuan Logistik

7 September 2023 - 14:10 WIB

Wabup Kukar Ajak Masyarakat Untuk Ramaikan Sebuntal Festival 2023

24 Agustus 2023 - 16:46 WIB

Trending di Pariwisata