Menu

Mode Gelap

Pariwisata · 23 Agu 2023 17:51 WIB

Pemkab Kukar Tumbuhkan Geliat Ekonomi dari Kukarland Festival dan Kukar Bershalawat


 Pemkab Kukar Tumbuhkan Geliat Ekonomi dari Kukarland Festival dan Kukar Bershalawat Perbesar

Oke borneo.Com, Kutai Kartanegara – Sebentar lagi Kota Tenggarong bakal dimeriahkan 2 kegiatan akbar, yaitu Kukarland Festival dan Kukar Bershalawat. Dua kegiatan itu merupakan serangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kutai kartanegara (Kukar) dan Road to Erau 2023.
Rencananya, Kukar Bershalawat bakal digelar pada 8 September 2023 mendatang, dengan menghadirkan Habib Ali Zainal Abidin asal Jawa Timur (Jatim).
Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin menyebut, dilaksanakannya Kukar Bershalawat bertujuan untuk menggaungkan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap shalawat, dan akan dilaksanakan dua kali dalam satu tahun.
“Selain di September, Kukar Bersholawat kembali digelar pada Oktober. Acara ini berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, termasuk perusahaan yang berafiliasi dengan Pemkab Kukar,” katanya.
Adapun untuk Kukarland Festival, Rendi menyebutkan bahwa event ini untuk menjawab kerinduan masyarakat terhadap festival besar bertaraf nasional. Dirinya memastikan festival akan berlangsung pada 22-23 September 2023.
Selain banyaknya artis Tanah Air yang tampil pada Kukarland Festival, event tersebut juga merangkul ratusan UMKM, hingga berbagai komunitas lintas genre. Di mana nantinya bakal terdapat ratusan tenan untuk memfasilitasi pelaku UMKM, sebagai upaya membangkitkan perekonomian masyarakat Kukar.
“Artinya banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari Kukarland Festival ini. Bayangkan saja dalam satu hari ada 30 ribu pengunjung, dan mereka mengeluarkan setidaknya Rp 20 Ribu, maka bisa dipastikan ada miliaran yang berputar di event ini,” jelasnya.
Selain untuk mewadahi UMKM, Pemkab Kukar bakal membuka seluas-luasnya kesempatan bagi sektor swasta yang ingin berpartisipasi dalam event ini. “Selain bangkitnya sektor ekonomi kreatif, kami yakin hotel-hotel kita pasti penuh. Lalu warung atau rumah makan juga bakal terkena imbas dari event ini. Artinya multiplier effect dari semua sektor yang ada di sekitaran kegiatan ini, semua berdampak dan kena dampaknya,” ungkap Rendi.
Untuk itu, Rendi menginginkan kepada semua pihak yang terlibat agar bersungguh-sungguh mempersiapkan dua event ini agar semua yang ditargetkan dapat terlaksana dengan baik.
“Kalau bisa persiapan kita dua kali lipat dari tahun lalu. Tahun lalu sendiri batal ya, karena Tragedi Kanjuruhan dan masih dalam masa transisi Covid-19,” ucap Rendi.
Kukarland Festival bakal menghadirkan sejumlah artis papan atas tanah air, di antaranya Club Dangdut Racun, Soegi Bornean, Tipe-X, Potret, Setia, Guyon Waton, Maliq & D’Essentials dan Soneta.

Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

DPC PDIP Kukar Sebut Peluang Edi Damansyah Menjadi Bupati Kukar Masih Terbuka

19 Mei 2024 - 09:53 WIB

TEKS FOTO : Rilis pers DPC PDIP Kukar

Pesan Hetifah dalam Musrenbang Kaltim : 3 Isu Prioritas Kaltim ke Depan

3 Mei 2024 - 09:33 WIB

Sektor Perikanan di Kukar Melejit, Rahmat Dermawan Puji Kepemimpinan Edi-Rendi

4 April 2024 - 15:19 WIB

Rahmat Dermawan

Desa Wisata Menjadi Pintu Kesejahteraan Masyarakat, Hetifah Sjaifuddian Dorong Desa di Kukar Jadi Tempat Wisata

18 Januari 2024 - 23:32 WIB

Kebon Kampung Jahuq, Tempat Wisata Buah Pengunjung Bisa Petik Langsung

12 Januari 2024 - 13:55 WIB

Wonderful Kukar Berlangsung Selama Dua Hari, Perputaran Ekonomi Tembus Rp 7 Miliar

4 Desember 2023 - 14:20 WIB

Trending di Entertainment