Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 26 Agu 2023 09:32 WIB

Rendi Bawa Puluhan Mesin Kapal untuk Bantu Nelayan di Pesisir


 Rendi Bawa Puluhan Mesin Kapal untuk Bantu Nelayan di Pesisir Perbesar

okeborneo.com,- Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyerahkan puluhan mesin kapal sebagai bantuan kepada nelayan di kawasan Sanga sanga Muara.

Inung, Koordinator Nelayan Sanga sanga Muara menatap mesin kapal yang baru saja ia terima dari Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin.

Ia tidak bisa menyembunyikan rasa syukur dan haru yang menghampiri hatinya. Mesin kapal itu adalah bantuan yang sudah ia tunggu-tunggu.

“Ada 50 mesin kapal yang diberikan oleh Pak Wabup. Kami sangat berterimakasih, bantuan ini sangat membantu nelayan untuk mencari ikan dan udang di lautan,” ujarnya.

Hal serupa juga dirasakan Tukul, Koordinator Nelayan Sarijaya. Ia mengatakan, mesin kapal seharga jutaan rupiah itu berkualitas apik dan aman untuk melaut.

Menurutnya, bantuan ini merupakan angin segar bagi nelayan di Kecamatan Sanga sanga yang
selama ini merasa tidak tersentuh oleh pemerintah.

“Spesifikasi mesin kapal yang diberikan semuanya sesuai dengan permintaan nelayan. Mudahan bantuan ini bisa berkelanjutan dan membantu perekonomian kami,” jelasnya.

Inung dan Tukul berharap dengan bantuan ini, mereka bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka sebagai nelayan kecil.

Mereka juga berharap pemerintah terus memberikan dukungan dan fasilitas bagi sektor perikanan di daerah mereka.

Sementara itu, Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara terus mengalokasikan bantuan untuk mendukung program pembangunan pertanian berbasis kawasan.

Salah satu sektor yang menerima bantuan tersebut adalah sektor perikanan. Bantuan yang digelontorkan berupa mesin, perahu, dan alat tangkap ikan.

Bantuan ini merupakan bagian dari realisasi Program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2022-2026.

Kata Rendi, selama lima tahun ke depan, setidaknya 25 ribu nelayan produktif akan menjadi sasaran penerima bantuan.

“Semua untuk menunjang perekonomian masyarakat. Ini masih menjadi usulan prioritas dan menjadi agenda Pemkab Kukar yang bisa terealisasi sampai 2024,” ungkapnya.

Berdasarkan data Dinas Perikanan dan Kelautan Kukar, pada 2021, sekitar 7.000 nelayan dan pembudidaya telah menerima manfaat dengan anggaran lebih dari Rp 130 miliar.

Pada 2022, anggaran sebesar Rp 180 miliar dialokasikan untuk memberikan manfaat kepada 8.500 nelayan dan pembudidaya. Sementara, pada 2023, tersedia anggaran sebesar Rp 219 miliar untuk 9.500 nelayan di seluruh Kukar.

“Hingga 2023, sudah ada 20 ribu nelayan produktif yang menerima manfaat sejak Edi-Rendi dilantik. PR kami masih ada 5 ribu nelayan lagi dan kami optimis sampai akhir tahun semua tuntas,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Kutai Kartanegara merupakan wilayah yang kaya akan perikanan, bukan hanya ada nelayan tangkap sungai, tapi juga laut dan tambak.

Sebab itu, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara tengah mendorong ekonomi berkelanjutan yang berasal dari sektor perikanan dan pertanian dalam arti luas.

Hal ini juga mendukung statement, bahwa Kabupaten Kutai Kartanegara dikenal sebagai lumbung pangan terbesar di Provinsi Kalimantan Timur.

“Mudahan sampai 2027, pertanian dalam arti luas di Kukar bisa meningkat 40 persen untuk mengurangi ketergantungan kita kepada sektor migas,” tutupnya.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tahun Baru Caka 1946, Tiga Ogoh-ogoh Pura Jagat Hita Karana Samarinda di Arak

10 Maret 2024 - 21:46 WIB

OBITUARI: Andi Setiadi, Wartawan Setia Kejujuran Berpulang

10 Maret 2024 - 11:08 WIB

Hari Perempuan Internasional ,Hetifah : Perempuan Punya Peran Penting dalam Ekonomi Kreatif

9 Maret 2024 - 21:32 WIB

Kedai Makanan Ditabrak Mobil PickUp Bermuatan Semangka, 1 Orang Meninggal Dunia

9 Maret 2024 - 13:03 WIB

Dukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir, PT WKP Bantu Kelompok Nelayan Desa Sesulu

7 Maret 2024 - 16:43 WIB

Syukuran HUT ke-7 SMSI, Industri Pers di Kaltim Harus Sejahtera dan Memiliki Pengaruh

7 Maret 2024 - 16:28 WIB

Trending di Home