Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 21 Des 2021 20:52 WIB

Rendi Launching Desa Loa Duri Ilir Sebagai Desa Bersinar


 Rendi Launching Desa Loa Duri Ilir Sebagai Desa Bersinar Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin mengapresiasi antusiasme Pemerintah Desa Loa Duri Ilir memberantas narkoba sekaligus menetapkan sebagai Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Kantor Desa Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan, Senin (20/12/2021)

Rendi Solihin mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar terus berkomitmen untuk memberantas peredaran gelap narkoba di wilayahnya, baik dari segi anggaran ataupun sosialisasi yang akan terus dilakukan melalui Badan Narkotika Kabupaten (BNK).

“Jadi, Pemerintah Kabupaten juga berkomitmen melakukan peningkatkan pemberdayaan masyarakat yang sudah tertuang dalam RPJMD Kukar nomor 6 tahun 2021, yang mana fokus pengembangan pertanian secara luas dan pariwisata serta ekonomi kreatif. Sehingga kedepannya jika ada pengajuan dapat dibuat perencanaannya,” ungkapnya.

Kerugian terbesar dalam penggunaan narkoba adalah melemahnya karakter individu yang mengakibatkan melemahnya ketahanan masyarakat yang menjadi awal kehancuran bangsa.

“Menyikapi ini Kepala BNN menyatakan perang melawan narkoba atau war on drug untuk mewujudkan Indonesia bersih narkoba (Bersinar) melalui program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkotika (P4GN),” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Rendi, kegiatan Launching Desa Bersinar Desa Loa Duri Ilir ini merupakan upaya P4GN yang menitik beratkan pada koordinasi dan sinergitas dari berbagai lapisan,baik dari pemerintah, swasta, serta kerjasama berbagai profesi dan disiplin ilmu lapisan masyarakat.

“Desa Bersinar sebagai satu upaya strategis P4GN yang kegiatannya sangat ditentukan oleh kerjasama dan komitmen dari seluruh stakeholder Kukar,” katanya.

Keterlibatan dan komitmen pemerintah dalam memerangi narkoba diwujudkan hingga tingkat lingkungan rukun tetangga (RT) yang berintegrasi dengan pemerintah desa serta perangkat yang disiapkan pemerintah dalam menjalankan desa bersinar telah diatur di dalam regulasi dan telah terimplementasi.

“Desa bersinar diharapkan menjadi satu inovasi strategis upaya P4GN dalam implementasi kegiatan prioritas melalui kegiatan membangun dan saya berharap informasi yang diterima dalam kegiatan ini dapat membangun komitmen dalam upaya P4GN,” pungkasnya. (bdp/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 55 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sektor Perikanan di Kukar Melejit, Rahmat Dermawan Puji Kepemimpinan Edi-Rendi

4 April 2024 - 15:19 WIB

Rahmat Dermawan

Mahasiswa Kukar di Malang Akui Rendi Solihin Gercep, Asrama Putra Segera Direhab Total

11 September 2023 - 13:28 WIB

Kebakaran Besar di Muara Kaman Pemkab Kukar Sigap Turunkan Bantuan Logistik

7 September 2023 - 14:10 WIB

Wabup Kukar Ajak Masyarakat Untuk Ramaikan Sebuntal Festival 2023

24 Agustus 2023 - 16:46 WIB

Pemkab Kukar Tumbuhkan Geliat Ekonomi dari Kukarland Festival dan Kukar Bershalawat

23 Agustus 2023 - 17:51 WIB

Diramaikan 8 Artis Nasional, KukarLand Festival Jadi Festival Terbesar di Kaltim dan Siap Pecahkan Rekor Muri

18 Agustus 2023 - 13:28 WIB

Trending di Pemerintahan