Menu

Mode Gelap

Prokom Kukar · 5 Jul 2024 17:20 WIB

Tekan Angka Stunting, Kecamatan Loa Kulu Jalankan Program Makanan Pemenuhan Gizi Bagi Anak dan Balita


 Teks foto : Camat Loa Kulu, Adriansyah (Angga/okeborneo.com) Perbesar

Teks foto : Camat Loa Kulu, Adriansyah (Angga/okeborneo.com)

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) saat ini tengah gencar melakukan intervensi beserta sosialisasi terkait dengan permasalahan stunting. Salah satu intervensi yang dilakukan ialah dengan membuat pusat Posyandu di sejumlah kecamatan yang ada di Kukar.

Hal tersebut dibuktikan dengan diresmikannya gedung baru yang digunakan sebagai wadah aktivitas Posyandu yang diberi mama Posyandu Edelweis, yang terletak di RT 12, Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu.

Pembangunan Gedung Posyandu Edelweis ini pun mendapat respon positif dari Kecamatan Loa Kulu. Dimana, gedung ini bisa digunakan bagi kader-kader Posyandu untuk menekan tingginya kasus stunting di Kecamatan Loa Kulu.

“Maka dengan hal ini, program yang harus dicermati ialah bagaimana penanganan stunting ini harus dipercepat. Dan ini harus sesuai dengan instruksi Bupati Kukar. Kami (Camat) selalu koordinator bersama-sama melakukan pencegahan dengan berkoordinasi pimpinan Puskesmas, Kades serta tingkat RT, ditambah lagi dengan ada bangunan baru tentunya ini menjadi penyemangat para kader-kader hebat kami,” kata Camat Loa Kulu, Adriansyah.

Ia berkomitmen untuk terus memantau kondisi mengevaluasi terus perkembangan penanganan stunting di Kecamatan Loa Kulu. Evaluasi tersebut dapat membantu dalam menentukan apakah program ini berhasil meningkatkan kondisi atau mengalami kemunduran.

“Komitmen untuk terus berupaya dalam mengajak seluruh lapisan masyarakat dalam pencegahan stunting menunjukkan keseriusan dan kepedulian yang besar dari pemerintah daerah dan para pembina di tingkat kecamatan,” kata Adriansyah.

Dengan ditetapkannya Desa Jembayan sebagai desa percontohan penanganan stunting. kecamatan Loa Kulu pun menjalankan program pemberian makanan tambahan untuk bayi dan balita. Program ini juga tidak hanya dalam bentuk makanan melainkan juga dalam bentuk sosialisasi dan edukasi yang diberikan oleh Dinkes, Puskesmas hingga Pemdes khususnya ibu-ibu PKK.

“Dapat dikatakan bahwa ini juga merupakan salah satu program kecamatan yang diarahkan langsung kepada para kepala desa untuk pemenuhan gizi masyarakatnya. Anggarannya sendiri sudah ada dari APBDes dan inilah yang kemudian harus diakomodir oleh para kepala desa bersama para ibu-ibu pkk berikut juga para ketua RT-nya,” ujarnya.

Adapun terkait dengan fasilitas pemenuhan kebutuhan untuk posyandu di setiap desa belum maksimal. Adriansiyah mengatakan saat ini pihaknya masih berusaha meningkatkan. Mengingat, disini terdapat 15 desa. Dengan jumlah yang begitu banyak, ia mengatakan masih ada sejumlah desa yang menumpang di Posyandu lainnya.

“Kita ingin dari sini punya posyandu milik kita sendiri, berdiri di tanah desa kita sendiri. Saya harap pemkab kukar dan bapak bupati dapat terus memberikan perhatian pada hal-hal yang masih kurang ini agar dapat ditingkatkan, dibenahi dan dibangunkan fasilitasnya dengan baik,” pungkas Adriansyah. (adv/prokomkukar/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Gaungkan GEMA, 259 ASN Ikuti MTQ Antar OPD se-Kukar

14 Juli 2024 - 17:05 WIB

Teks foto : Pembukaan MTQ antar OPD se- Kukar (Angga/okeborneo.com)

Program Kukar Berkah Terus Berlanjut, Ponpes Al Abgory Jadi Penerima Manfaat

12 Juli 2024 - 13:30 WIB

Teks foto : Istimewa

Buka Job Fair 2024, Bupati Kukar Berharap Serapan Tenaga Kerja Semakin Meningkat

12 Juli 2024 - 11:55 WIB

Teks Foto : Bupati Kukar Edi Damansyah bersama peserta Job Fair 2024

Percepat Penanganan Stunting, Pemkab Kukar Gelar Rakor Permasalahan Gizi

11 Juli 2024 - 16:15 WIB

Teks foto : Suasana rakor (angga/okeborneo.com)

Edi Damansyah Sambangi Korban Kebakaran Loa Ipuh, Tak Lupa Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada Kebakaran

11 Juli 2024 - 10:55 WIB

Teks Foto : Bupati Kukar Edi Damansyah saat meninjau lokasi kebakaran di Jalan Gunung Belah, Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong (Angga/okeborneo.com)

Kukar Festival Budaya Nusantara Resmi Berlangsung, Pemkab Kukar : Ini Bagian Dari Mempromosikan Budaya

8 Juli 2024 - 16:50 WIB

Teks foto : Peresmian KFBN di Stadion Rondong Demang (Angga/okeborneo.com)
Trending di Prokom Kukar