Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 24 Jul 2023 19:19 WIB

Tingkatkan Kapasitas Bagi Sineas Kalimantan Timur, Hetifah Gandeng Sinematografer dan Produser Kawakan Indonesia


 Tingkatkan Kapasitas Bagi Sineas Kalimantan Timur, Hetifah Gandeng Sinematografer dan Produser Kawakan Indonesia Perbesar

Okeborneo.com, – Hetifah Sjaifudian, anggota DPR RI daerah pemilihan Kalimantan Timur, hari ini (24/7) memfasilitasi Penguatan Kapasitas bagi pelaku Sub sektor Film. Kegiatan yang berlangsung di hotel Harris Samarinda ini menggandeng Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf RI).

Hetifah Sjaifudian didampingi oleh Fahmi Akmal (Direktur Pengembangan SDM Ekraf, Kemenparekraf RI), Awang Khalik (Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim), Zairin Zein (Sutradara dan Producer), dan Yudi Datau (Sinematografer).

Dalam sambutannya, Awang Khalik menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Pengembangan film merupakan subsektor Ekraf yang menawarkan kreatifitas tidak berbatas. Kegiatan ini sangat penting untuk mendukung para pelaku ekonomi kreatif khususnya film di Kaltim”, tuturnya.

Fahmi Akmal menegaskan bahwa dalam subsektor Film, pentingnya penguasaan dan pengasahan soft skill dan konsisten dalam melaksanakannya.

Zairin Zain dalam paparannya mengatakan bahwa berbicara film bukan sekedar tentang bioskop, ada banyak flatform lain yang bisa jadi wadah para sineas untuk berkarya. Produser yang telah menghasilkan banyak karya film nasional ini juga menyampaikan apresiasi kegiatan ini untuk membantu para sineas.

“Teman-teman sineas harus tahu dari sekarang bahwa membicarakan film bukan sekedar membicarakan bioskop, tapi banyak sekali platform lain yang bisa dirambah” jelasnya.

Kreatifitas tidak mengenal batas dan sineas tidak boleh terbatas dengan tools menjadi penekanan dalam materi yang disampaikan oleh Zairin Zain kepada para sineas di Kalimantan Timur.

Yudi Datau sinematogreafer kondang Indonesia juga hadir sebagai narasumber, menjelaskan bahwa film adalah induk seni yang semua jenis seni ada di dalam sebuah film, dan harus dipahami bersama bahwa film itu adalah muara dari ilmu pengetahuan.

“Bagi sineas Kaltim, literasi menjadi penting untuk kita sebagai pelaku industri perfilman. Sumber dari ide kreatif itu bisa muncul ketika kita punya literasi yang bagus”, jelasnya.

Hetifah menyampaikan Film merupakan alat kuat membangun kebudayaan dan pariwisata.

“Terlebih potensi yang dimiliki Kaltim, adalah tersedianya beragam lokasi syuting yang kaya akan budaya dan panorama yang indah maupun potensi masyarakat yang ramah dan mampu terlibat dalam pembuatan film”, jelas politisi dari partai Golkar tersebut.

Lebih lanjut, Hetifah yang telah dipercaya menjadi wakil rakyat Kaltim selama 3 periode ini menyampaikan terdapat 3 tips dalam melihat peluang pariwisata daerah dari industri perfilman, diantaranya: Penulisan skenario harus memasukkan unsur kekhasan dari daerah, misal aksen khas, local wisdom yang unik.

“Sorot kamera sebagai media bercerita, yang dapat mengundang penonton untuk penasaran merasakan secara langsung panorama dari apa yang mereka nonton” jelasnya.

Akhir dari sambutannya, Wakil Ketua Komisi X DPR RI tersebut meminta kepada para sineas di Kalimantan Timur yang hadir untuk bersama-sama menggali ilmu dan pengalaman dari narasumber kawakan yang dihadirkan.

“Harapan saya adalah teman-teman sineas ini bisa mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari kedua narasumber hebat kita hari ini, saya berharap bahwa kapasitas para sineas kita di Kalimantan Timur bisa meningkat agar semakin majunya industri perfilman di Kalimantan Timur dan untuk mendukung dunia ekonomi kreatif di Bumi Etam ini”, jelasnya.

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Didukung Masyarakat Hingga Kyai Untuk Maju Sebagai Gubernur Kaltim, Mahyudin : Tergantung Restu dari Ibu

22 Maret 2024 - 14:13 WIB

Tahun Baru Caka 1946, Tiga Ogoh-ogoh Pura Jagat Hita Karana Samarinda di Arak

10 Maret 2024 - 21:46 WIB

OBITUARI: Andi Setiadi, Wartawan Setia Kejujuran Berpulang

10 Maret 2024 - 11:08 WIB

Hari Perempuan Internasional ,Hetifah : Perempuan Punya Peran Penting dalam Ekonomi Kreatif

9 Maret 2024 - 21:32 WIB

Kedai Makanan Ditabrak Mobil PickUp Bermuatan Semangka, 1 Orang Meninggal Dunia

9 Maret 2024 - 13:03 WIB

Dukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir, PT WKP Bantu Kelompok Nelayan Desa Sesulu

7 Maret 2024 - 16:43 WIB

Trending di Home