Menu

Mode Gelap

DISPAR KUTAI KARTANEGARA · 25 Mei 2024 13:42 WIB

Tingkatkan SDM Pariwisata, Dispar Kukar Bakal Gelar Sertifikasi Outbound Bagi Pemandu Wisata


 Tingkatkan SDM Pariwisata, Dispar Kukar Bakal Gelar Sertifikasi Outbound Bagi Pemandu Wisata Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA- Untuk meningkatkan kualitas pemandi wisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) berencana bakal segera melaksanakan pelatihan Outbound bagi puluhan pemandu wisata. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pariwisata Dispar Kukar M Ridha Fatrianta.

Pelatihan Outbound bagi pemandu wisata di Kutai Kartanegara merupakan langkah yang bagus untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pengunjung. Dengan meningkatkan keterampilan dan keahlian pemandu, pengalaman wisata di Kukar dapat lebih memuaskan bagi wisatawan.

Pelatihan Outbound juga dapat membantu pemandu wisata dalam mengembangkan kemampuan komunikasi, kepemimpinan, serta pemecahan masalah. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk memberikan pengalaman wisata yang lebih interaktif dan berkesan bagi pengunjung, serta memperkuat citra Kukar sebagai destinasi wisata yang ramah dan profesional.

“Kita berencana menggelar pelatihan sertifikasi pemandu wisata outbound khususnya untuk Pokdarwis, jadi nanti ketika ada kelompok – kelompok atau rombongan mau outbound, nanti  dari kelompok Pokdarwis yang sudah mendapat sertifikasi ada yang bisa buat paket outbound nya.” Jelas Ridha belum lama ini.

Dengan pelatihan sertifikasi outbound, para pengelola tempat wisata, terutama Pokdarwis, dapat menciptakan berbagai permainan dan wahana yang unik dan menarik bagi pengunjung.

Ini akan membantu meningkatkan daya tarik destinasi wisata mereka, serta memberikan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan bagi para wisatawan. Inovasi dalam hal ini dapat menjadi kunci untuk menarik lebih banyak kunjungan dan meningkatkan pendapatan pariwisata di Kukar.

Ridha menyebutkan, pelatihan ini di targetkan akan dilaksankan dalam waktu dekat ini. Dan saat ini pihak Dispar Kukar tengah melakukan persiapan-persiapan untuk pelatihan sertifikasi outbound nantinya.

“ Untuk pesertanya kita siapkan kuota 30 orang. Karena ini berbeda dari sertifikasi pemandu wisata yang sebelumnya digelar,” ujarnya

“ Pelatihan ini sebenarnya untuk kelompok Pokdarwis, jadi dari pihak mereka mengirim biodata calon-calon pesertanya. Kemudian nanti di verifikasi oleh lembaga yang mengeluarkan sertifikasi tersebut, mereka akan di wawancarai, jadi seperti di seleksi.” Sambungnya

Di ungkapkannya, berkaca dari pelatihan sebelumnya. Ada anggota yang ikut sertifikasi namun tidak lulus, oleh karena itu Ridha berharap para peserta nantinya benar-benar serius mengikuti pelatihan sertifikasi ini, sebab ini merupakan hal yang penting bagi pengembangan pariwisata.

“Kita tidak bisa intervensi karena berkaitan kredibilitas, karena itu kewenangan lembaga yang mengeluarkan sertifikat.” Tandasnya

Kabid Pengembangan Pariwisata Dispar Kukar ini juga mengatakan, bahwa pelatihan sertifikasi outbound ini baru pertama kali akan di selenggarakan. Dispar Kukar berencana akan menggaet Lembaga Sertifikasi Pariwisata (LSP) Jana Dharma Jogja

“ Karena menurut kami ini sertifikasi penting, jadi ketika ada wisatawan datang, mereka tidak hanya melihat-lihat saja, tapi bisa bermain serta menikmati wahana, dan semoga nantinya tersedia paket outbound.” Tutupnya (adv/disparkukar/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Festival Eroh Bebaya Berhasil Jadi Perhatian Masyarakat Lokal Hingga Turis Asing di Yogyakarta

12 Juni 2024 - 23:08 WIB

Edi Damansyah Lakukan Silaturahmi Bersama KTNA Muara Kaman

11 Juni 2024 - 15:10 WIB

Teks foto :istimewa

Festival Eroh Bebaya Sukes Digelar, Dispar Kukar : Ini Bagian Promosi Wisata dan Kebudayaan Kukar

10 Juni 2024 - 09:53 WIB

Sektor Wisata di Kecamatan Kota Bangun Berikan Dampak Bagi Pelaku UMKM

8 Juni 2024 - 21:13 WIB

Teks foto : Desa Wisata Pela

Dispar Kukar Ajak Pelaku Industri Pariwisata ke Yogyakarta untuk Studi Tiru

8 Juni 2024 - 14:32 WIB

Teks foto : Suasana Sharing bersama Pelaku Pariwisata Yogyakarta (angga/okeborneo.com)

Dispar Kukar Lakukan Study Tiru dan Sharing Seasons di Yogyakarta, Kembangkan Sektor Pariwisata

8 Juni 2024 - 12:32 WIB

Teks foto : Suasana study tiru oleh Dispar Kukar (angga/okeborneo.com)
Trending di DISPAR KUTAI KARTANEGARA