Menu

Mode Gelap
Mahasiswa Pascasarjana KPI UINSI Gelar Public Speaking Untuk Tahun 2023 , Distransnaker Kukar Usulkan Kenaikan UMK Kukar Sebesar 6.09 % DPRD Kukar Sambut Baik Usulan Kenaikan UMK Kukar Siswono Cahyono Minta Pemkab Berikan Solusi untuk PKL Berdagang Galang Dana Tanpa Izin di Lampu Merah, Sejumlah Anjal Ditertibkan Satpol PP Kukar

Uncategorized · 25 Sep 2022 15:05 WIB

Abdul Rasid Sebut Event Erau Berikan Dampak Positif Bagi Budaya Lokal


 Abdul Rasid Sebut Event Erau Berikan Dampak Positif Bagi Budaya Lokal Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid, berkesempatan menghadiri proses pembukaan Adat Erau Pelas Benua. Pelaksanaan tersebut dilaksanakan di Museum Mulawarman , Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kukar, Minggu (25/9/2022).

Diketahui, Erau berasal dari bahasa lokal atau daerah etnis Kutai dan disebut pula Eroh, yang berarti ramai, bergembira, berpesta ria yang dilaksanakan secara adat oleh kesultanan atau kerabat kerajaan dengan hajat tertentu dan diikuti oleh masyarakat umum (menyeluruh) dalam wilayah administratif kesultanan.

Abdul Rasid mengapresiasi pelaksanaan event Erau Pelas Benua kembali terlaksana. Karena event ini sudah dua tahun tidak terlaksana karena pandemi covid 19. Namun, sekarang semenjak covid 19 mulai melandai akhirnya event ini kembali dilaksanakan dengan cukup meriah.

“Setelah covid 19 mulai menurun kini event Erau mulai dilaksanakan pada tahun ini. Event ini selalu ditunggu boleh banyak masyarakat Kukar, ” ujarnya.

Ia berharap dengan pelaksanaan event Erau Pelas Benua ini bisa memberikan dampak positif bagi budaya lokal yang ada di Kukar. Karena wisatawan yang berkunjung ke Kukar ini ingin melihat seni pertunjukan asli adat Kutai.

“Di momen pesta Erau Pelas Benua ini lah budaya itu ditunjukkan. Baik itu kegiatan adat Kesultanan, juga kegiatan adat istiadat masyarakatnya, ” sebutnya.

Kalau berbicara event ini tentunya tidak hanya tentang kesenian saja yang ditampilkan, namun yang juga menarik ialah tentang pelestarian olahraga tradisional khas daerah Kukar. Karena setiap event ini pasti selalu ada lomba tradisional yang diselenggarakan.

“Kegiatan adat istiadat masyarakat di Kukar tidak hanya itu juga. Melalui pesta erau ini juga olahraga tradisional Kukar juga kembali dilaksanakan, ” tutupnya. (adv/dprdkukar/atr)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemkab Kukar Serahkan SK Remisi kepada Lapas Kelas II A Tenggarong

16 Agustus 2022 - 13:30 WIB

Hadiri Kongres PPTI Nasional XI, Fety Puja Amelia Siap Bersinergi Berantas TBC

31 Juli 2022 - 13:40 WIB

Resmi Ditutup, Sandiaga Uno Puji Gelaran TIFAF 2022

24 Juli 2022 - 22:37 WIB

Bupati Kukar Resmikan Outlet Dekranasda

7 Juli 2022 - 18:11 WIB

Musala As-Salam Wicaksana Legawa Mapolres Kukar Diresmikan

30 Juni 2022 - 20:38 WIB

Pemkab Libatkan Dewan Masjid Kukar Bantu Penanggulangan Kemiskinan

22 Juni 2022 - 14:46 WIB

Trending di Uncategorized