Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 10 Nov 2021 03:45 WIB

Bangga Penetapan Sultan Adji Muhammad Idris Sebagai Pahlawan Nasional


 Bangga Penetapan Sultan Adji Muhammad Idris Sebagai Pahlawan Nasional Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin mengatakan bahwa bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021, Sultan Adji Muhammad Idris ditetapkan menjadi pahlawan nasional.

Untuk diketahui, Sultan Adji Muhammad Idris ini merupakan Pahlawan Nasional pertama di Kaltim. Pemkab Kukar bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pun telah berjuang untuk memperoleh gelar ini.

“Alhamdulillah bertepatan juga dengan Hari Pahlawan bisa ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional,” katanya, Rabu (10/11/2021).

Rendi mengaku sangat bangga juga bersyukur dengan gelar pahlawan nasional yang telah diberikan kepada Sultan Adji Muhammad Idris mulai hari ini.

Dirinya sedikit bercerita, bahwa dulunya Sultan Adji Muhammad Idris merupakan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Ke-XIV, meninggalkan Bumi Etam untuk berjuang melawan Belanda bersama Suku Bugis yang ada di Sulawesi Selatan.

Dia pergi ke sana untuk berperang bersama mertuanya saat itu. “Beliau ikut perang bersama Sultan La Maddukelleng di Wajo Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Gelar Pahlawan Nasional langsung diberikan oleh Presiden Joko Widodo yang diterima langsung oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke XXI, Adji Muhammad Arifin di Istana Negara Rabu pagi.

Gelar ini juga diserahkan kepada tiga tokoh pahlawan nasional lainnya yakni Tombolatutu dari Sulawesi Tengah, Usmar Ismail dari DKI Jakarta, dan Raden Ayra Wangsakara dari Banten. (adv/dkom/obl/ef)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Ambil Pusing Pencalonannya di Pilkada 2024, Edi Damansyah Fokus Sejahterakan Rakyat

19 Mei 2024 - 16:10 WIB

Penasihat DWP Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan ke Musium Mulawarman

27 April 2024 - 14:25 WIB

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Rendi Solihin Pastikan Beasiswa Kukar Idaman Kembali Dibuka di 2024

23 Januari 2024 - 20:22 WIB

Rendi Solihin Serahkan Bantuan Bus Sekolah ke Kecamatan Muara Jawa

20 Januari 2024 - 16:47 WIB

PAD Tahun 2023 Lepas Target, Bupati Kukar Akan Lakukan Evaluasi

3 Januari 2024 - 19:02 WIB

Trending di Home