Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 24 Nov 2021 13:44 WIB

Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan Smart City Sudah Selesai Dilakukan


 Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan Smart City Sudah Selesai Dilakukan Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Master Plan Smart City terakhir telah selesai dilakukan Pemkab Kukar, Kamis (25/11/2021).

Pemkab Kukar juga melalukan penandatanganan komitmen Kepala Daerah, Dewan Daerah dan Tim Pelaksana dalam rangka implementasi Smart City kukar sebagai kawasan Ibu Kota Negara (IKN)

Bimtek ini telah dilaksanakan sebanyak empat kali dari bulan Juni 2021 lalu melalui bimbingan mitra tenaga ahli dari Universitas Gajah Mada (UGM).

“Ini rangkaian kegiatan penyusunan dokumen smart city yang diprakarsai oleh teman-teman Diskominfo, mendapat dukungan dari Kemenkominfo, dan pendampingan tenaga ahli dri UGM,” jelas Sekda Kukar, Sunggono.

Kemenkominfo secara rutin setiap tahunnya akan melakukan asesmen untuk menilai komitmen Pemerintah Daerah dalam mengimplementasikan Program Smart City sendiri.

Tapi terdapat hal lebih penting yang juga harus menjadi perhatian pemda, yaitu bagaimana masyarakat dapat merasakan manfaat secara nyata dengan kehadiran program ini.

“Jadi sehebat apapun program yang teman-teman akan lakukan, harapan pak bupati semestinya harus menyentuh dan dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya.

Program inipun harus turut melibatkan semua pihak, juga meningkatkan kolaborasi antar perangkat daerah. Melibatkan akademisi, pelaku usaha dan komunitas di masyarakat.

Semua ini dilakukan untuk memperkuat aspek fundamental menuju kabupaten yang smart. “Sesuai dengan keunggulan, potensi dan tatanan khas daerah kita,” katanya.

Dalam sambutannya, dia juga mengatakan supaya master plan yang sudah disusun tidak hanya dijadikan dokumen atau bahan bacaan saja. Tetapi harus diimplementasikan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah dituang dalam road map pembangunan Smart City secara berkelanjutan. (adv/dkom/obl/ef)

Artikel ini telah dibaca 133 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Ambil Pusing Pencalonannya di Pilkada 2024, Edi Damansyah Fokus Sejahterakan Rakyat

19 Mei 2024 - 16:10 WIB

Penasihat DWP Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan ke Musium Mulawarman

27 April 2024 - 14:25 WIB

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Rendi Solihin Pastikan Beasiswa Kukar Idaman Kembali Dibuka di 2024

23 Januari 2024 - 20:22 WIB

Rendi Solihin Serahkan Bantuan Bus Sekolah ke Kecamatan Muara Jawa

20 Januari 2024 - 16:47 WIB

PAD Tahun 2023 Lepas Target, Bupati Kukar Akan Lakukan Evaluasi

3 Januari 2024 - 19:02 WIB

Trending di Home