Menu

Mode Gelap

Sosial · 7 Jan 2022 13:30 WIB

Dir Binmas Polda Kaltim Sambangi PWI Kaltim


 Dir Binmas Polda Kaltim Sambangi PWI Kaltim Perbesar

SAMARINDA – Direktur Pembinaan Masyarakat (Binmas) Komisaris Besar Polisi (KBP) Anggie Yulianto Putro, SH, SIK, mendadak ke Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim di Jalan Biola Samarinda.


Pria yang baru dilantik 5 Januari 2022 tadi, sengaja mampir ke markas organisasi profesi wartawan di Kaltim itu, untuk silaturahmi.
“Sengaja mampir dadakan, mumpung ada kesempatan,” sebut Anggie yang sebelumnya bertugas sebagai Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalteng itu.


Anggie menyebutkan, ke Samarinda mewakili Kapolda Kaltim, menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kaltim bertepatan dengan HUT ke-65 Pemprov Kaltim.


“Nah sebelum pulang ke Balikpapan, mampir dulu ke sini,” sebutnya.


Kedatangan Dir Binmas Polda Kaltim ini disambut Ketua PWI Kaltim Endro S. Efendi juga Sekretaris PWI Kaltim Wiwid Marhaendra Wijaya.
Tak ada agenda khusus, kunjungan silaturahmi itu hanya berisi diskusi ringan, sekaligus penjelasan dari Anggie terkait tugasnya di Binmas Polda Kaltim.


“Tugas utama fokus penciptaan keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya. Di antaranya pembinaan ketertiban sosial, pengaturan masyarakat, pemuda, anak-anak dan wanita.
Termasuk pembinaan terhadap polisi masyarakat, organisasi masyarakat dan komunitas masyarakat. Tak ketinggalan, juga memberikan pembinaan terhadap Satuan Pengamanan (Satpam) hingga polisi khusus.
“Salah satu tugas Binmas memberikan pelatihan kepada satpam. Termasuk melakukan pengawasan terhadap jasa pengamanan,” sambungnya.


Sementara di garda terdepan, personel yang turun langsung ke masyarakat adalah para polisi Babinkamtibmas, yang bermitra dengan kepala desa dan Babinsa.


Dikatakan Anggie, Kaltim akan menjadi ibu kota negara. “Tentunya kita mendukung agar rencana itu bisa diwujudkan. Salah satunya dengan menciptakan suasana kondusif,” ujarnya.
Polri, kata dia, mengharapkan dukungan semua pihak, baik pemerintah maupun swasta dan masyarakat agar kaltim selalu aman.
“Karena itu, jika ada persoalan, diutamakan bagaimana melakukan pencegahan, bahkan bila perlu diantisipasi sejak awal, sebelum berpotensi terjadi gangguan Kamtibmas,” imbuhnya.


Terakhir, Anggie juga berharap, sistem keamanan lingkungan (Siskamling) juga patut kembali digalakkan. “Itu juga yang dilakukan di Jepang. Tak peduli status sosial, mereka dengan senang hati ikut menjaga lingkungan masing-masing,” urainya.


Ketua PWI Kaltim, Endro S. Efendi menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kedatangan Dir Binmas Polda Kaltim.


“Sebuah kehormatan bagi kami dikunjungi. Mudah-mudahan kerja sama ini terus berlanjut,” sebut Endro.


Endro pun menyampaikan ucapan terima kasih karena selama ini Polda Kaltim selalu berkomunikasi intens jika ada kasus yang melibatkan insan pers.


Atas alasan itu pula, PWI Kaltim memberikan penghargaan kepada Kapolda Kaltim, dalam acara Outlook Pers Kaltim 2022 yang akan digelar Sabtu (8/1) nanti di Swissbell Hotel Samarinda. Melalui Dir Binmas tersebut, Endro berharap, Kapolda Kaltim bisa hadir dalam penyerahan penghargaan itu. (ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Gelar Diskusi Pendidikan di Samarinda. Hetifah : Kompetensi Guru Itu Hulu Dari Proses Pembelajaran

20 Mei 2024 - 20:18 WIB

Mahakam Run 2024 : Explore the Beauty of East Borneo, Gagasan Hetifah Siap Kembali Digelar Tahun ini

9 Mei 2024 - 14:09 WIB

Hetifah Tegaskan Dorong Pelibatan Masyarakat dalam Event Pariwisata di Kukar

25 Maret 2024 - 20:35 WIB

Hetifah

IM3 Hadirkan Kampanye Nyatakan Silaturahmi dengan Freedom Internet dan Pasar Ramadan IM3 di Samarinda

14 Maret 2024 - 21:47 WIB

LSP Pembicara Kompeten Kini Miliki 11 Asesor Kompeten

13 Maret 2024 - 13:01 WIB

Hadapi Ramadan, Gelar Pelita Day 2024

12 Maret 2024 - 18:35 WIB

Trending di Sosial