Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 23 Okt 2021 09:17 WIB

Distanak Kukar Telah Menetapkan Lima Kawasan Sebagai Komoditi Padi Sawah


 Distanak Kukar Telah Menetapkan Lima Kawasan Sebagai Komoditi Padi Sawah Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sutikno menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kukar telah menetapkan lima kawasan berbasis pertanian sebagai komoditi padi sawah.

“Ini sesuai dengan Kementerian Pertanian terhadap pedoman perkembangan kawasan pertanian berbasis korporasi petani, jadi disinilah kami jalan,” katanya.

Lima kawasan itu juga masuk dalam program prioritas Distanak Kukar, yakni untuk memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif. Hal tersebut sudah tertuang dalam poin ke-3 yang menjadi misi Pemkab Kukar.

Dijelaskan oleh Sutikno bahwa didalamnya juga sudah tertuang soal pembangunan pertanian berbasis kawasan. Baik itu hilirisasi maupun produk pertanian. Progam prioritas tersebut juga tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Strategis (Renstra), juga Rencana Kerja (Renja) 2021-2026.

Lima kawasan berbasis pertanian yang sudah ditentukan adalah berikut, untuk kawasan I meliputi Sebulu – Muara Kaman terdiri Desa Sumber Sari, Manunggal Jaya, Cipare Makmur, Sido Mukti, Panca Jaya dan Bunga Jadi dengan luas lahan 1.520 hektare.

Kawasan II ada di Tenggarong Seberang I terdiri dari Desa Bangun Rejo, Karang Tunggal, Manunggal Jaya, Bukit Raya, Loa Lepu, Teluk Dalam, Loa Ulung dan Embalut dengan luas lahan sekitar 1.650 hektare.

Kawasan III di Tenggarong Seberang II yang terletak di Desa Kerta Buana, Buana Jaya, Bukit Pariaman, Sukamaju dan Separe dengan luas lahan 2.160 hektare.

Kawasan IV di Kecamatan Tenggarong dan Loa Kulu meliputi Kelurahan Bukit Biru, Jahab, Desa Jembayan, Sumber Sari, Sepakat, Ponoragan dan Rempanga dengan luas 1.216,61 hektare.

Dan terakhir Kawasan V Marangkayu terletak di Desa santan Ulu, Semangko dan Sebuntal sekitar 1.082,16 hektare. “Ini skala prioritas yang sudah masuk di RPJMD, Renstra dan Renja kami,” sebutnya. (adv/dkom/obl/ef)

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Ambil Pusing Pencalonannya di Pilkada 2024, Edi Damansyah Fokus Sejahterakan Rakyat

19 Mei 2024 - 16:10 WIB

Penasihat DWP Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan ke Musium Mulawarman

27 April 2024 - 14:25 WIB

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Rendi Solihin Pastikan Beasiswa Kukar Idaman Kembali Dibuka di 2024

23 Januari 2024 - 20:22 WIB

Rendi Solihin Serahkan Bantuan Bus Sekolah ke Kecamatan Muara Jawa

20 Januari 2024 - 16:47 WIB

PAD Tahun 2023 Lepas Target, Bupati Kukar Akan Lakukan Evaluasi

3 Januari 2024 - 19:02 WIB

Trending di Home