Menu

Mode Gelap
Ketua DPRD Kukar Ikut Ramaikan Lomba Begasing Alif Turiadi Pimpin Rapat Dengar Pendapat Terkait Pengadaan Sapi Bagi Kelompok Tani PD IAI Kaltim Peringati World Pharmacist Day 2022 Dua Mahasiswa S2 KPI UINSI, Jadi Penguji UKW di Palangkaraya Abdul Rasid Sebut Event Erau Berikan Dampak Positif Bagi Budaya Lokal

DPRD Kutai Kartanegara · 21 Sep 2022 15:36 WIB

DPRD Kukar Dorong Percepatan Listrik PLN di Desa Tanjung Batuq Harapan


 DPRD Kukar Dorong Percepatan Listrik PLN di Desa Tanjung Batuq Harapan Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Setelah puluhan tahun tidak merasakan aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), akhirnya Desa Tanjung Batuq Harapan, Kecamatan Muara Muntai, Kutai Kartanegara (Kukar) akan segera menikmatinya.

Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kukar, Sopan Sopian, mengatakan, Desa Tanjung Batuq Harapan ini sudah terbentuk sejak 52 tahun silam, lebih tepatnya berdiri sejak tahun 1970. Sejak itu warganya hanya mengandalkan listrik melalui mesin diesel yang dioperasikan oleh pemerintah desa.

“Sejak desa ini berdiri, warga disini belum bisa menikmati listrik dari negara secara penuh, ” ucapnya.

Akhirnya masyarakat mengusulkan pembangunan jaringan listrik melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN). Adapun usulan mereka sampaikan pada saat kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrenbangDes) . Selanjutnya, DPRD Kukar pun bergerak melakukan koordinasi dengan PLN agar Desa Tanjung Batuq Harapan segera teraliri listrik. Setelah usulan itu dikawal oleh DPRD akhirnya akan terealisasikan dalam waktu dekat ini.

“Setelah mendengar penyampaian itu, DPRD langsung mengawal aspirasinya, dengan langsung berkoordinasi dengan PLN Rayon Kaltim. Agar listrik di desa terdekat seperti Desa Batuq yang sudah teraliri listrik PLN agar dialirkan sejauh dua kilometer menuju Desa Tanjung Batuq Harapan, ”

Hingga saat ini pembangunan jaringan listrik di Desa Tanjung Batuq Harapan mulai berproses dan rencananya ditargetkan selesai pada bulan Oktober bulan depan. Sopan juga berkomitmen untuk terus membantu mengusulkan pembangunan jaringan listrik di beberapa desa yang belum teraliri listrik hingga saat ini. Khususnya, desa-desa yang berada di hulu Mahakam. Seperti, Desa Lamin Telihan, Kecamatan Kenohan yang juga masuk dalam Dapilnya.

Diketahui, letak Desa Lamin Telihan ini memang berjauhan dari jaringan induk PLN, namun masih ada solusi lainnya agar desa ini dapat teraliri listrik secara penuh. Misalnya menggunakan listrik komunal. Oleh karena itu, warga bisa menikmati listrik yang memang menjadi kebutuhan dasar mereka.

“Warga sekarang memerlukan listrik minimal untuk penerangan dan memasak menggunakan rice cooker, walau terbatas listrik bisa dirasakan terbatas,” tutupnya. (adv/dprdkukar/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua DPRD Kukar Ikut Ramaikan Lomba Begasing

26 September 2022 - 15:17 WIB

Alif Turiadi Pimpin Rapat Dengar Pendapat Terkait Pengadaan Sapi Bagi Kelompok Tani

26 September 2022 - 14:55 WIB

DPRD Kukar Gelar Rapat Paripurna ke – 2, Dengar Penyampaian Nota Keuangan

24 September 2022 - 01:14 WIB

Didik Agung Sebut Pelaksanaan FKR untuk Kembali Kenalkan Budaya Lokal

23 September 2022 - 23:15 WIB

DPRD Kukar Jalin Kerjasama dengan Kejari Kukar

23 September 2022 - 17:15 WIB

Ketua DPRD Kukar Kunker ke Kutim, Bahas Infrastruktur Penghubung Antar Daerah

22 September 2022 - 17:23 WIB

Trending di DPRD Kutai Kartanegara