Menu

Mode Gelap

DPR RI · 23 Sep 2021 16:58 WIB

Festival 3 Danau, Pesona Ekowisata Danau di Kalimantan Timur


 Festival 3 Danau, Pesona Ekowisata Danau di Kalimantan Timur Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengapresiasi Festival 3 Danau yang digelar secara virtual dan digagas oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Timur (Kaltim) dari tanggal 17 – 19 September 2021. Acara ini menampilkan kekayaan alam, budaya, tradisi yang dimiliki oleh Provinsi Kaltim yang terpusat di 3 danau yakni Danau Jempang, Danau Semayang dan Danau Melintang.

“Beruntung, bahagia bisa terlibat di dalam kegiatan yang sangat luar biasa ini. Tentunya saya ingin mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara Festival 3 Danau kepada jajaran Dinas Pariwisata Kaltim,” ucap Hetifah Sjaifudian.

Festival ini juga dilaksanakan di atas kapal Queen Orcha yang sedang berlayar di tiga danau besar di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kutai Barat tersebut. Di atas kapal inilah ditampilkan talk show dan seni budaya yang disiarkan langsung melalui akun media sosial Dinas Pariwisata Kaltim, diantaranya Youtube dengan channel Paradise Of The East.

Hetifah menyebutkan bahwa Festival 3 Danau bertambah seru karena dirinya secara melihat keterlibatan generasi muda, para traveler yang memiliki minat khusus untuk mengeksplore dan juga menginspirasi anak muda untuk mengembangkan pariwisata.

“Kami sudah mengeksplore 3 danau, kami merasa bahwa Kalimantan Timur memang surga, kita dibekali dengan berbagai harta karun seperti 3 danau ini, yang tidak pernah kita saksikan di negara lain,” jelasnya.

Meskipun secara virtual tapi kegiatan ini melibatkan banyak sekali masyarakat Kaltim bahkan dari mancanegara. Semoga melalui festival ini, para pelaku pariwisata bertambah semangatnya. “Saya melihat sinergi banyak pihak yang mendukung mulai dari pihak perguruan tinggi, para peneliti, komunitas, pokarwis dan event organizer yang luar biasa,” katanya.

Acara ini menjadi bagian dari Visit Kaltim Fest 2021. Festival ini menunjukkan kreativitas, kerja keras, serta optimisme membangkitkan dunia pariwisata Kaltim. Terlebih sektor pariwisata cukup terdampak dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh daerah.

Dengan adanya Festival 3 Danau ini membuktikan bahwa pandemi Covid-19 tidak menghalangi semangat pejuang pariwisata di kaltim untuk terus berkreasi. “Bukan hanya Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, saya juga sudah mendapat komitmen dari beberaap kementrian lainnya untuk kemajuan pariwisata,” tambahnya.

Ini adalah experience pertama bagi kami membuat virtual event diatas kapal sambil berlayar, tentunya kami (Dispar Provinsi Kaltim & sky seven) menaruh energi besar buat kegiatan ini. Mulai dari membuat documentary series berjudul Explore To Inspire dan merangkum tarian dari pelaku seni budaya di 3 danau ini untuk ditampilkan di Festival 3 Danau,” ucap Christian Suwandi Founder Sky Seven & Event Director dari Festival 3 Danau.

Diharapkan event kepariwisataan di Kaltim menjadi moment kebangkitan pariwisata, memberikan berbagai dampak positif seperti membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya, menggerakkan ekonomi daerah dan mensejahterakan masyarakat. Kegiatan ini juga diikuti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga S Uno, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni, pelaku dan penggiat pariwisata dari tingkat Kaltim hingga Nasional. (*/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 256 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Desa Wisata Menjadi Pintu Kesejahteraan Masyarakat, Hetifah Sjaifuddian Dorong Desa di Kukar Jadi Tempat Wisata

18 Januari 2024 - 23:32 WIB

Kebon Kampung Jahuq, Tempat Wisata Buah Pengunjung Bisa Petik Langsung

12 Januari 2024 - 13:55 WIB

Wonderful Kukar Berlangsung Selama Dua Hari, Perputaran Ekonomi Tembus Rp 7 Miliar

4 Desember 2023 - 14:20 WIB

JKT48 Hipnotis Belasan Ribu Warga Kukar, Rendi Solihin: Tak Bisa Diremehkan

3 Desember 2023 - 10:51 WIB

Masyarakat Tumpah Ruah Hadiri Kekfraf Fest 2023 di Taman Kota Raja

25 November 2023 - 12:43 WIB

Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah Saksikan Mengulur Naga dan ikut Belimbur

1 Oktober 2023 - 15:31 WIB

Trending di Advertorial