Menu

Mode Gelap

Sosial · 13 Jan 2022 19:26 WIB

GLK Kukar Gelar Bincang Buku Karya Pernyata


 GLK Kukar Gelar Bincang Buku Karya Pernyata Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Mengawali tahun 2022 Gerakan Literasi Kutai Kartanegara (GLK) mengelar Bincang Buku Karya Pernyata terbaru di Hotel Grand Elty Singgasana, Kamis (13/1/2022).

Dalam kegiatan bincang buku karya pernyata ini hadir secara langsung Syafruddin S Pernyata dengan karyanya ‘Lelaki Kampong Aer’ bersama anak tertua beliau Ramadhan S Pernyata sebagai narasumber.

Ramadhan S Pernyata merupakan penulis lokal dengan karya buku cerita bergambar yang dibuat secara digital yakni ‘Jurnal Tepi Mahakam’ dan merupakan lulusan Institut Teknologi Nasional Bandung Fakultas Seni Rupa dan Desain, serta merupakan pengajar di Politeknik Negeri Samarinda yang saat ini juga telah mendirikan studio grafis.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar, Tauhid Afrilian noor mengatakan Ini adalah langkah dan momentum untuk terus menjalankan literasi yang ada di Kutai Kartanegara.

“Dengan terus berjalannya literasi tentunya ini akan berperan untuk kemajuan daerah baik mandiri ataupun secara kolaboratif. Kekuatan literasi harus digalakkan disegala lini masyarakat dan menjadi isu sentral proses pembangunan daerah,” ucapnya.

Kami juga berharap literasi terus dapat didorong agar semua lapis masyarakat khususnya pemuda semakin gemar membaca dan menulis. Serta untuk penulis lokal dapat terus berkembang dan diapresiasi agar dapat mengeksplorasi kekayaan alam lokal.

“Ditengah pandemi saat ini adalah salah satu waktu paling baik, karena generasi saat ini lebih banyak beraktifitas melalui ponsel dan seharusnya lebih mudah mengaksesnya bahan bacaan, tinggal para konten kreator pegiat literasi dapat membuat bahan agar lebih mudah dan menarik bagi pembacanya,” jelasnya.

Agar gerakan literasi daerah dapat menjadi bagian penting untuk membangun kualitas sumber daya manusia, maka perlu adanya perhatian terhadap pegiat literasi, pemerintah daerah dan dunia usaha.

“Pemda akan membuat gerakan literasi akan menjadi suatu prioritas,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Alfian mengatakan sasaran kegiatan ini untuk membincangkan lebih jauh dan lebih dalam tentang buku terbaru karya Ayah dan anak yakni Syafruddin S Pernyata dan Ramadhan S Pernyata.

Dikatakannya pula, kegiatan ini guna mengapresiasi karya penulis lokal dan menginspirasi para peserta untuk ikut melahirkan karya dari kekayaan lokal seperti yang saat ini diaplikasikan oleh para narasumber.

“Peserta pada kegiatan ini adalah para undangan, dari kalangan birokrasi pemerintahan daerah, dunia usaha dan tokoh masyarakat. Namun, peserta terbanyak terdiri para guru, siswa, peminat dan pegiat literasi dan masyarakat umum yang melakukan pendaftaran secara daring.

Kegiatan ini sukses di selenggarakan berkat kolaborasi berbagai pihak dan beberapa komunitas GLK, yaitu JMOE (Jamming Musik Odah Etam), DM Project, Eldissy Multivista, Bikin Kreativ, Pelita Kukar, FLP (Forum Lingkar Pena) Kaltim dan IGI (Ikatan Guru Indonesia) Kukar, dan portal berita okeborneo.com.

Dalam kegiatan ini diselingi pula pemberian penghargaan dari Bupati Kukar kepada Sastrawan Kutai Kartanegara berdedikasi, lembaga perusahaan orang peduli literasi Kutai Kartanegara dan pengelola taman baca inspiratif tahun 2022. (bdp/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Malam Puncak Bulan Bung Karno di Kukar, Edi-Rendi Nikmati Tahu Tek-tek dan Bakso

2 Juli 2024 - 11:21 WIB

Masuk Bursa Calon Jaksa Agung RI, Didi Tasidi Ziarah ke Makam Sultan Kutai

15 Juni 2024 - 10:49 WIB

Teks foto : Didi Tasidi saat ziarah di Makam Sultan Kutai (angga/okeborneo.com)

Gelar Diskusi Pendidikan di Samarinda. Hetifah : Kompetensi Guru Itu Hulu Dari Proses Pembelajaran

20 Mei 2024 - 20:18 WIB

Mahakam Run 2024 : Explore the Beauty of East Borneo, Gagasan Hetifah Siap Kembali Digelar Tahun ini

9 Mei 2024 - 14:09 WIB

Hetifah Tegaskan Dorong Pelibatan Masyarakat dalam Event Pariwisata di Kukar

25 Maret 2024 - 20:35 WIB

Hetifah

IM3 Hadirkan Kampanye Nyatakan Silaturahmi dengan Freedom Internet dan Pasar Ramadan IM3 di Samarinda

14 Maret 2024 - 21:47 WIB

Trending di Sosial