Menu

Mode Gelap

Sosial · 26 Sep 2021 08:00 WIB

Gubernur Kaltim Melantik Pengurus DPP Ikapakarti


 Gubernur Kaltim Melantik Pengurus DPP Ikapakarti Perbesar

okeborneo.com, SAMARINDA – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor minta agar warga etnis Jawa yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Paguyuban Tanah Jawi (Ikapakarti) menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan suku-suku lain di Kaltim, sehingga mampu terus menjaga kodusifitas Kaltim untuk selamanya.

“Kondusifitas daerah menjadi hal utama agar pembangunan Kaltim dapat berjalan lancar sesuai perencanaan. Hal ini harus kita jaga, karena penduduk Benua Etam yang hiterogen,” kata Isran Noor usai melantik jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikapakarti, di Kawasan Kolam Renang Ulin Arya, Samarinda, Sabtu malam (25/9/2021).

Menurut dia, Kaltim harus belajar dengan daerah tetangga yang pernah mengalami masa-masa sulit ketika terjadi kerusuhan berlatar belakang pertentangan Suku, Ras, Agama dan Antargolongan (SARA). Daerah ini bersyukur mampu mempertahankan kondusifitas daerah dengan penduduk yang hiterogen, sehingga pembangunan berjalan lancar.

Dari lima provinsi di Kalimantan, hanya Kaltim yang hingga kini mampu membangun kondusifitas daerah dengan baik, sehingga mampu menghindari terjadinya perpecahan yang berdampak kerusuhan massa akibat pertentangan berlatar belakang SARA.

Dalam kesempatan itu, Isran juga menyinggung tentang DPP Ikapakarti yang berada di Kaltim, padahal umumnya DPP berada di Ibukota Negara Jakarta. Namun dia menyatakan kembali keberadaan DPP Ikaparti di Kaltim bukan kebetulan, tetapi sudah merupakan kehendak Allah SWT, seiring dengan berpindahnya ibukota negara ke Kaltim.

“Bagi kita manusia, hal ini mungkin adalah sebuah kebetulan, namun bagi Allah ini adalah sebuah perencanaan, karena Ibukota Negara berada di Benua Etam, jadi wajar jika DPP Ikapakarti ada di Kaltim,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Walikota Samarinda, Dr H Andi Harun. Dia mengatakan penduduk Kaltim, khususnya Samarinda sangat hiterogen, namun mampu bersatu untuk membangun daerah. Artinya penduduk Kaltim sudah dewasa menerima perbedaan dari berbagai segi, sebagai fitrah dari Allah SWT.

Karena itu, dia berharap kehadiran Ikapakarti sebagai organisasi berlatar belakang etnis mampu terus membangun silaturahmi dengan etnis-etnis lain, sehingga terbangun sinergi yang kuat untuk membangun persatuan dan kesatuan bangsa agar lebih maju dalam segala bidang, khususnya di Samarinda dan Kaltim.

Dia juga minta agar organisasi ini jangan menjadi alat politik,dan kepentingan bisnis yang hanya dimanfaatkan untuk kepentingan sesaat. sehingga tidak jarang hanya ketua dan sebagian pengurusnya saja yang berhasil tampil, sementara anggotanya tidak terurus dengan baik. (*/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 61 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hetifah Tegaskan Dorong Pelibatan Masyarakat dalam Event Pariwisata di Kukar

25 Maret 2024 - 20:35 WIB

Hetifah

IM3 Hadirkan Kampanye Nyatakan Silaturahmi dengan Freedom Internet dan Pasar Ramadan IM3 di Samarinda

14 Maret 2024 - 21:47 WIB

LSP Pembicara Kompeten Kini Miliki 11 Asesor Kompeten

13 Maret 2024 - 13:01 WIB

Hadapi Ramadan, Gelar Pelita Day 2024

12 Maret 2024 - 18:35 WIB

Kebakaran Besar di Muara Kaman Pemkab Kukar Sigap Turunkan Bantuan Logistik

7 September 2023 - 14:10 WIB

Dalam Rangka HUT ke-76 TNI AU, Lanud Dhomber Gelar Bhakti Sosial di Monumen Pancasila Tenggarong

21 Juli 2023 - 14:51 WIB

Trending di Home