Menu

Mode Gelap

Peristiwa · 8 Apr 2022 15:00 WIB

Jembatan Martadipura Ditabrak Kapal Ponton Bermuatan Konveyor


 Jembatan Martadipura Ditabrak Kapal Ponton Bermuatan Konveyor Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Jembatan Martadipura di Desa Liang Ilir, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali ditabrak. Kali ini kapal ponton bermuatan konveyor, pada pukul 09.30, hari Jumat (8/4/2022). Kapal ponton bermuatan konveyor berkode SPA 30001 rencananya akan menuju Kecamatan Muara Pahu, Kutai Barat.

Saat ini, Pemerintah setempat bersama perusahaan pemilik kapal kapal ponton tersebut sedang melakukan koordinasi untuk memindahkan kapal ponton tersebut.

“Masih dilakukan koordinasi dengan pihak perusahaan untuk melakukan pemotongan besi yang menyangkut. Yang kami khawatirkan kelayakan daripada jembatan ini pasca kami lakukan pemotongan, apakah masih aman. Terus benturannya mampu tidak untuk menahan pengguna jalan lagi kedepannya,” ungkap Camat Kota Bangun Mawardi.

Mawardi menjelaskan, besi dibawah jembatan itu sudah bengkok membengkok. Tapi tidak ada yang patah. Yang paling di khawatirkan itu kan nyangkut.

“Ditakutkan jembatan itu tidak tahan, makanya harus segera dilakukan pemotongan besi conveyor itu, “jelasnya.

Dirinya juga mengatakan, apabila Dinas PU hari ini belum bisa datang otomatis jembatan akan dilakukan buka tutup sementara .

“Yang berwenang untuk melakukan pengecekan itu kan Dinas PU apabila mereka belum bisa hadir, otomatis akan dilakukan buka tutup dan ini masuk wilayah kami. Karena kami belum tau ukuran layak atau tidaknya untuk dilewati,” uacapnya.

Sementara itu Kepala Seksi Keselamatan Berlayar dan Patroli, KSOP Kelas II Samarinda, Slamet Isyadi, kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PU Kukar dan Dishub Kukar terkait adanya kerusakan di jembatan tersebut, tetapi dirinya mengatakan saat ini pihaknya akan terlebih dahulu fokus melakukan evakuasi untuk menyelamatkan tongkang ini dari badan jembatan itu.

“Yang pasti lepas dulu dari jembatan, setelah itu baru akan dilakukan evakuasi di sekitar jembatan itu, sambil menunggu pemeriksaan instansi terkait,” katanya.

Ia juga mengatakan akan menunda kegiatan kapal tersebut sampai nanti hasil pemeriksaan instansi terkait itu selesai. (atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 82 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tingkatkan Kapasitas Bagi Sineas Kalimantan Timur, Hetifah Gandeng Sinematografer dan Produser Kawakan Indonesia

24 Juli 2023 - 19:19 WIB

Dua Rumah Hangus dan Dua Rumah Terdampak Kebakaran di Tenggarong

12 Juni 2023 - 18:00 WIB

Dua Ruko Sembako Hangus Dilahap Api di Tenggarong

26 April 2023 - 18:01 WIB

Dari 16 Orang yang Diperiksa, Sintel Denpom Divisi 3/Kostrad Curigai Tiga Nama Atas Tewasnya Serda Fitri

20 April 2023 - 21:19 WIB

Terkait Kematian Serda Herdi, Danyon Arhanud 16/3 Kostrad Buka Suara : Terduga Penganiayaan Masih Diperiksa Denpom

20 April 2023 - 14:02 WIB

Wartawan Jadi Korban Mobil Pengetap, Identitas Pengemudi Sudah Ditangan Polisi

5 April 2023 - 20:20 WIB

Trending di Peristiwa