Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 27 Okt 2021 18:37 WIB

Kesbangpol Kukar Bakal Lantik Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat


 Kesbangpol Kukar Bakal Lantik Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Kartanegara (Kukar) Rinda Desianti mengatakan bahwa pada Kamis (28/10/2021) mendatang, pihaknya bakal melakukan pelantikan pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Pelantikan pengurus FKDM ini akan dilakukan bagi lima kecamatan yakni Kecamatan Tenggarong, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kecamatan Sebulu, Kecamatan Loa Kulu, dan Kecamatan Loa Janan.

Acara pelantikan tersebut juga dirangkai dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) soal sistem pelaporan beberapa kejadian yang diindikasi dapat mengganggu proses penyelenggaraan pemerintah.

Rinda menceritakan, kini dia juga sedang mengikuti diklat Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Tahun 2021. Dirinya juga tengah menggarap proyek perubahan dengan tajuk Optimalisasi Peran Forum-forum Bentukan Pemerintah Menuju Kukar Aman dan Nyaman (Kuanyam).

Dijelaskannya, dalam waktu dekat Kukar akan menghadapi peresmian IKN, tentunya hal itu akan berdampak untuk banyak orang. Sehingga, melalui forum-forum ini, dapat menjadi mitra yang tangguh dan kokoh bagi pemerintah. “Kita berharap mereka betul-betul menjadi mitra pemerintah dalam menuju Kukar aman dan nyaman,” harap Rinda, Rabu (27/10/2021). .

Dari diklat yang diikutinya Rinda, nantinya akan ada empat output, yaitu Perbup yang mengatur tiga forum yang ada di Kukar. Diantaranya, FKDM, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Ketiga forum ini nantinya bakal dioptimalisasi sebagai mitra Pemkab Kukar

“Termasuk izin untuk mendirikan rumah ibadah. Karena ada izin khusus, dan salah satunya adalah SK Bupati tentang pembentukan FKDM di 18 kecamatan,”jelasnya.

Nantinya akan ada dua hal baru yang diatur dalam Perbup yang mengatur soal forum-forum tersebut. Yakni melibatkan forum-forum dalam penanganan Pandemi Covid-19 dan terlibat dalam edukasi yang berkaitan dengan Covid-19 kepada masyarakat, khususnya protokol kesehatan maupun vaksinasi.

“Karena target vaksinasi 70 persen dan itu harus tercapai. Ketika ingin mencapai vaksinasi 70 persen tentu saja elemen masyarakat harus dilibatkan,” pungkasnya. (adv/dkom/obl/ef)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Ambil Pusing Pencalonannya di Pilkada 2024, Edi Damansyah Fokus Sejahterakan Rakyat

19 Mei 2024 - 16:10 WIB

Penasihat DWP Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan ke Musium Mulawarman

27 April 2024 - 14:25 WIB

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Rendi Solihin Pastikan Beasiswa Kukar Idaman Kembali Dibuka di 2024

23 Januari 2024 - 20:22 WIB

Rendi Solihin Serahkan Bantuan Bus Sekolah ke Kecamatan Muara Jawa

20 Januari 2024 - 16:47 WIB

PAD Tahun 2023 Lepas Target, Bupati Kukar Akan Lakukan Evaluasi

3 Januari 2024 - 19:02 WIB

Trending di Home