Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 16 Nov 2021 11:29 WIB

Kukar Siap Jika Terjadi Dampak La Nina


 Kukar Siap Jika Terjadi Dampak La Nina Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) siaga bencana dalam menghadapi La Nina. Langkah ini menanggapi hasil Rapat Koordinasi Nasional Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kepala Pelaksana BPBD Kukar, Marsidik mengatakan terkait informasi dari BMKG kemungkinan terjadi dampak dari La Nina, BPBD Kukar telah bersiaga.

“Pada prinsipnya kesiapan sudah dilakukan oleh pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara,dunia usaha maupun masyarakat pada umumnya serta relawan,” ucapnya. Selasa (16/11/2021).

Dijelaskan Sidik,setiap saat pihaknya siap saat adanya bencana, mulai dari penanggulangan,penyelamatan dan juga penanganan pasca bencana. Hal ini karena telah disiapkan sebelum terjadi bencana.

“Jadi, sudah kita lakukan kajian risiko bencana yang sudah di finalkan pada tahun 2020 dan 2021 ini sudah kita garap penanganan bencana yang melibatkan seluruh stakeholder terkait. Itu merupakan dasar tindakan dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mana rencana penanggulangan bencana (RPB) itu sebagai dasar yang ditetapkan sebagai Perda yang akan kita bahas pada 2021 itu legalitas formalnya,” jelasnya.

Namun dalam pelaksanaan penanggulangan bencana itu ada 7 hari dalam 24 jam kita siaga siap dalam penanganannya.

Lebih lanjut dijelaskan, terkait kebencanaan tidak hanya tugas dari BPBD namun juga ada kewajiban BASARNAS, Satpol PP, Dinas Sosial, Dinas PU, Dinas Lingkungan Hidup Daerah dan lainnya yang masuk dalam penanganan kebencanaan.

“Karena mereka adalah UPTD penanganan teknis di lapangan, serta peran serta masyarakat yang mendukung. Jadi wilayah Kabupaten Kukar yang sangat luas ini akan berhasil penanganan bencananya apabila keikutsertaan khususnya masyarakat secara optimal,” pungkasnya. (adv/dkom/bdp/ef)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Rendi Solihin Pastikan Beasiswa Kukar Idaman Kembali Dibuka di 2024

23 Januari 2024 - 20:22 WIB

Rendi Solihin Serahkan Bantuan Bus Sekolah ke Kecamatan Muara Jawa

20 Januari 2024 - 16:47 WIB

PAD Tahun 2023 Lepas Target, Bupati Kukar Akan Lakukan Evaluasi

3 Januari 2024 - 19:02 WIB

Realisasi Kegiatan Tahun 2023 Tembus 81 Persen

3 Januari 2024 - 19:00 WIB

Edi Damansyah Bagikan Bantuan di Kecamatan Sangasanga

2 Januari 2024 - 19:11 WIB

Trending di Home