Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 24 Okt 2021 11:40 WIB

Pemkab Kukar Dorong Tenggarong Menjadi Kota Budaya


 Pemkab Kukar Dorong Tenggarong Menjadi Kota Budaya Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan melakukan pembenahan dan penaatan Kecamatan Tenggarong untuk menjadi ikon baru yakni Kota Budaya, sejalan dengan visi misi Edi Damansyah-Rendi Solihin 2021-2026. Salah satu langkah yang dilakukan yakni membuat taman menjadi lebih menarik dan tetap mempertahankan karekteristik budaya.

Bupati Kukar, Edi Damansyah menjelaskan ada beberapa titik spot akan dibenahi seperti di pasar seni. Konsep awalnya, pasar seni terintergrasi dengan keberadaan Museum Mulawarman, sementara ini belum sepenuhnya seperti itu. Sehingga ingin mengembalikan ke konsep awalnya.

“Intinya kami ingin di Tenggarong ada ikon-ikon karena memang didalam kebijakan kita di visi misi 2021-2026 kota Tenggarong ini ingin kita tata menjadi kota budaya,” jelasnya.

Selain itu, wajah baru Tenggarong juga dilakukan untuk mempersiapkan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim). Dengan adanya fasilitas, diharapkan mampu menarik wisatawan berkunjung ke Kukar. Maka roda perekonomian bisa berjalan dengan baik serta meningkatkan pendapatan masyarakat pelaku usaha mikro.

Ditambahkan pula bahwa kawasan yang ditata sudah ada perencanaannya. Namun pihaknya ingin mempersiapkan dulu di kawasan Central Business District (CBD) sebagai wadah ruang publik masyarakat. Kemudian, membuat satu pintu bagi pelaku usaha mikro dengan berjualan di kawasan tersebut.

“Kami rencanaya akan fokus di kawasan CBD dan mempersiapkan disitu sehingga nanti pelaku usaha mikro bisa kita geser kesitu,” ujarnya.

Pihaknya ingin mewujudkan Tenggarong menjadi nyaman apalagi akan menyambut Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kukar dan PPU. Mudah-mudahan cepat terealisasi sehingga banyak orang di kawasan IKN libur, mencari tempat nyaman meskipun sederhana.

“Jadi bagaimana kita mewujudkan Kota Tenggarong menjadi Kota Budaya yang nyaman dan bersih,” tutupnya. (adv/pro/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Ambil Pusing Pencalonannya di Pilkada 2024, Edi Damansyah Fokus Sejahterakan Rakyat

19 Mei 2024 - 16:10 WIB

Penasihat DWP Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan ke Musium Mulawarman

27 April 2024 - 14:25 WIB

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Rendi Solihin Pastikan Beasiswa Kukar Idaman Kembali Dibuka di 2024

23 Januari 2024 - 20:22 WIB

Rendi Solihin Serahkan Bantuan Bus Sekolah ke Kecamatan Muara Jawa

20 Januari 2024 - 16:47 WIB

PAD Tahun 2023 Lepas Target, Bupati Kukar Akan Lakukan Evaluasi

3 Januari 2024 - 19:02 WIB

Trending di Home