Menu

Mode Gelap

Home · 7 Mar 2024 16:28 WIB

Syukuran HUT ke-7 SMSI, Industri Pers di Kaltim Harus Sejahtera dan Memiliki Pengaruh


 Syukuran HUT ke-7 SMSI, Industri Pers di Kaltim Harus Sejahtera dan Memiliki Pengaruh Perbesar

Abdurrahman Amin menyerahkan potongan tumpeng kepada para pimpinan media online yang tergabung di SMSI Kaltim. HUT ke-7 SMSI pada tahun ini mengusung tema: SMSI sebagai Portal NKRI.

okeborneo.com, SAMARINDA – Keberadaan organisasi pers yang berdaulat menjadi syarat utama dalam sebuah negara demokrasi. Salah satu organisasi pers terbesar yang hadir untuk menjawab tantangan zaman adalah Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). Organisasi asosiasi perusahaan pers yang telah menjadi konstituen Dewan Pers ini merayakan ulang tahunnya yang ke-7 pada Rabu, 7 Maret 2024.
Peringatan ulang tahun dirayakan secara serentak di 34 provinsi se-Indonesia. Di Samarinda, syukuran ulang tahun dilaksanakan di gedung PWI Kaltim di Jalan Biola, Preevab, Samarinda. Sejumlah pimpinan perusahaan media siber yang bernaung di SMSI Kaltim hadir dalam perayaan sederhana tersebut.

Ketua SMSI Kaltim Abdurrahman Amin dalam sambutannya, berharap media-media yang bernaung di SMSI Kaltim semakin sejahtera dan kehadirannya memiliki pengaruh di tengah-tengah masyarakat. Menurut Rahman, hadirnya SMSI di Kaltim secara khusus, bukan dimaksudkan untuk mengeksklusifkan industri media.

Sebaliknya, SMSI hadir untuk mempermudah masyarakat mendirikan perusahaan media. “Karena media atau pers ini merupakan instrumen penting dari sebuah negara demokrasi. Sehingga kesempatan itu harus dibuka sebesar-besarnya bagi masyarakat,” kata Rahman, sapaan akrabnya.

Meski begitu, Rahman mengingatkan bahwa untuk mendirikan sebuah perusahaan media harus memenuhi standar-standar persyaratan sesuai yang ditentukan oleh Dewan Pers. “Meski pers itu sifatnya demokratis, tetapi standar persyaratan tetap harus dijunjung tinggi,” kata Rahman.

Dia melaporkan, dari tahun ke tahun jumlah anggota SMSI di Kaltim terus mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan, setiap tahun dilakukan penyesuaian persyaratan. Hingga kini, jumlah media di Kaltim yang tergabung di SMSI sudah mencapai 138 perusahaan media. “Jumlah yang besar ini harus diikuti dengan tingkat kesejahteraan pekerja dan industri pers itu sendiri,” katanya.

Sementara itu, dua pengurus SMSI Kaltim juga didaulat menyampaikan sambutan. Intoniswan, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan SMSI Kaltim menyebut, di periode ini banyak hambatan yang mereka dapatkan untuk mengeksekusi program kerja. “Kami sempat merancang pelatihan-pelatihan untuk anggota SMSI untuk meningkatkan keterampilan dalam hal mengelola perusahaan dan menghasilkan konten yang menarik,” kata Intoniswan yang juga sebagai pemilik Niaga.Asia.
Di lain pihak, Desman Minang yang juga Direktur Korankaltim.com memberikan apresiasi terhadap kepemimpinan Rahman dalam memimpin SMSI Kaltim selama ini. “Alhamdulillah, gaungnya terlihat. Kami berharap SMSI Kaltim segera membentuk SMSI di tingkat kabupaten/kota yang belum terbentuk, khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara,” ungkapnya. Kesempatan terakhir yang memberikan sambutan adalah Taufik yang juga Direktur Busam.id.

Kegiatan ini ditutup dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Rahman, selaku Ketua SMSI Kaltim. Potongan tumpeng lantas diberikan kepada sejumlah pimpinan media online yang hadir. Selanjutnya, pengurus SMSI Kaltim melanjutkan agenda perayaan ulang tahun dengan hadir secara virtual yang dipusatkan di Jakarta. Beberapa jam sebelumnya, sejumlah pengurus SMSI juga melakukan bakti sosial berupa donor darah di PMI Samarinda. (*)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tahun Baru Caka 1946, Tiga Ogoh-ogoh Pura Jagat Hita Karana Samarinda di Arak

10 Maret 2024 - 21:46 WIB

OBITUARI: Andi Setiadi, Wartawan Setia Kejujuran Berpulang

10 Maret 2024 - 11:08 WIB

Hari Perempuan Internasional ,Hetifah : Perempuan Punya Peran Penting dalam Ekonomi Kreatif

9 Maret 2024 - 21:32 WIB

Kedai Makanan Ditabrak Mobil PickUp Bermuatan Semangka, 1 Orang Meninggal Dunia

9 Maret 2024 - 13:03 WIB

Dukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir, PT WKP Bantu Kelompok Nelayan Desa Sesulu

7 Maret 2024 - 16:43 WIB

Gitar Isi Ganja di Samarinda Tak Bertuan, BNNP Kaltim Telusuri Pengirim dan Penerimanya

6 Maret 2024 - 23:40 WIB

Trending di Home