Menu

Mode Gelap
Hadirnya Rumah Produksi Bersama Dinilai Bisa Mengangkat Harga Komoditas Jahe di Wilayah Jonggon Pemkab Kukar Pastikan Insentif RT Naik Tahun Ini DiskopUKM Kukar Gelar Sejumlah Pelatihan Bagi UMKM, Sasar di Kecamatan Majukan UMKM, IRMA Masjid Agung Sultan Sulaiman Dapat Apresiasi dari Bupati Kukar Dapat Bantuan Mesin Produksi Jahe, Pemkab Kukar Siap Fasilitasi Listrik, Air Hingga Lahan untuk Petani

Kesehatan · 8 Agu 2021 19:53 WIB

Bantu Warga Isoman Covid 19, IAI Kaltim Bentuk Relawan Pendamping


 Bantu Warga Isoman Covid 19, IAI Kaltim Bentuk Relawan Pendamping Perbesar

okeborneo.com, SAMARINDA – Pengurus Daerah (PD) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kalimantan Timur membentuk tim Relawan Apoteker Pendamping Isoman. Langkah ini dilakukan guna membantu pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19 serta memutus mata rantai penyebaran hoaks.

“Para apoteker ini, nantinya diharapkan menjadi agen perubahan dalam memberikan kontribusi profesi melalui bidang pengabdian masyarakat,” ucap Ketua PD IAI Kaltim apt Drs M Nasruddin, secara virtual (8/8/21).

Selain diharapkan menjadi tenaga relawan yang bergerak secara sukarela, apoteker juga akan memberikan edukasi terkait Covid-19 serta terapi obat yang didapat. “Juga melakukan pendampingan pemantauan terapi obat bagi masyarakat yang melaksanakan isolasi mandiri,” sambungnya.

Keberadaan apoteker juga diharapkan sebagai konselor dan fasilitator bagi pasien yang membutuhkan. “Kami sebagai apoteker, ingin hadir mengabdi dan berkarya untuk kemanusiaan,” tegas Nasruddin.

Sementara itu, Ketua Tim Relawan Apoteker Pendamping Isoman, apt Novyar Dharmindra S.Farm, didampingi Sekretaris, Taty Wahyuningsih S.Farm menyampaikan, sebelum terjun ke masyarakat, relawan apoteker Kaltim ini dibekali pengetahuan dan keterampilan mumpuni.

“Sebelum terjun ke masyarakat, para apoteker diberikan pembekalan sebagai relawan secara daring dengan menghadirkan narasumber kompeten dan berpengalaman,” ucap Novyar.

Minggu (8/8/21) tadi, sejak pukul 8 pagi, digelar pembekalan untuk relawan, diikuti seluruh apoteker di Kaltim yang tergabung dalam Tim Relawan Apoteker Pendamping Isoman. Narasumber yang dihadirkan, dr Maurits F Marpaung Sp.P, apt Faizatun Maulida S.Farm, M.Farm-Klin, dan apt Taty Wahyuningsih S.Farm.

“Usai pelatihan, para apoteker diharapkan langsung terjun ke masyarakat memberikan pendampingan,” ujar Novyar.

Nantinya tim akan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat untuk mendapat data pasien. Selanjutnya apoteker akan memberikan pendampingan. “Pendampingan relawan kepada pasien, juga dilakukan secara daring melalui whatsapp,” pungkasnya. (ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Binda Kaltim Gelar Vaksinasi di Desa Jembayan

25 Juni 2022 - 14:20 WIB

RSUD AM Parikesit Siap Tampung Pengidap Hepatitis Akut

10 Mei 2022 - 20:42 WIB

Varian Omicron Terkonfirmasi di Kukar, Kadinkes Minta Masyarakat Segera Lakukan Vaksinasi

14 Februari 2022 - 13:38 WIB

Antusias Warga Ikuti Vaksinasi dari Binda Kaltim

19 Januari 2022 - 04:25 WIB

BINDA Kaltim Gelar Vaksinasi Hingga Malam Dengan Target Pekerja dan Buruh

15 Desember 2021 - 08:38 WIB

BINDA Kaltim Kebut Herd Immunity Guna PTM Dapat Dilaksanakan Secara Maksimal

17 November 2021 - 15:24 WIB

Trending di Kesehatan