Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 17 Nov 2021 15:24 WIB

BINDA Kaltim Kebut Herd Immunity Guna PTM Dapat Dilaksanakan Secara Maksimal


 BINDA Kaltim Kebut Herd Immunity Guna PTM Dapat Dilaksanakan Secara Maksimal Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Dalam rangka mempercepat Herd Immunity untuk penanganan Covid-19 Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Kalimantan Timur kembali menyalurkan vaksinasi untuk pelajar dan masyarakat umum di Desa Loa Pari, Kecamatan Tenggarong Seberang, Rabu (17/11/2021)

Kepala Posda (Kaposda) BIN Kabupaten Kutai Kartanegara Letkol CHB Asmawi mengatakan pihaknya mendapatkan 43.155 dosis untuk pelajar dan 32.455 dosis untuk masyarakat yang dilaksanakan di 6 kabupaten dan kota terdiri dari Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara dan Paser.

“Jadi, target dari pemerintah pusat untuk Badan Intelejen Negara (BIN) agar melaksanakan vaksinasi sebanyak 1 juta dosis selama bulan November dan Desember 2021.Target tersebut dilaksanakan agar segera tercapainya herd immunity atau kekebalan kelompok dan pembelajaran tatap muka (PTM) segera dilakukan secara maksimal,” jelasnya.

Sementara itu untuk BINDA Kaltim selama November dan Desember ditargetkan melaksanakan vaksinasi 27.200 dosis yang terdiri dari dosis 1 dan dosis 2 dengan masing-masing 13.600 dosis.

“Untuk 17 November 2021 (hari ini) BINDA Kaltim melaksanakan vaksinasi di 3 tempat diantaranya Samarinda 3.000 dosis, Bontang 1.500 dosis dan Kutai Kartanegara 750 dosis,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya,rencananya BINDA Kaltim pada tanggal 23 November 2021 kembali melaksanakan vaksinasi sebanyak 4.500 dosis, namun untuk lokasinya belum ditentukan karena masih dikoordinasikan dengan dinas kesehatan dan dinas pendidikan dan kebudayaan di kabupaten/kota.

“Jadi ,kita terlebih dahulu melihat capaian wilayah yang masih rendah dan antusias pelajar maupun masyarakat untuk mengikuti vaksinasi yang kami laksanakan,” ungkapnya.

Asmawi menerangkan pada kegiatan vaksinasi hari ini di Kukar, BINDA Kaltim melaksanakan di 2 tempat yakni Desa Jongkang dan Desa Loa Pari dengan harapan dapat tercapai 750 dosis.

“Sebenarnya kami tidak menargetkan perdesa, karena sebelumnya kami sudah melaksanakan vaksinasi masyarakat di GOR dan vaksinasi pelajar di SMA negeri 1 dan vaksinasi santri di pondok pesantren,” ungkapnya.

Hal ini lanjut Asnawi, kebanyakan masyarakat sudah melaksanakan vaksinasi namun untuk wilayah Tenggarong seberang kami pusatkan di Desa Loa Pari jadi 1 lokasi ini kami targetkan dapat menjangkau untuk 4 desa terdekat yakni desa Loa Pari, Loa Raya, Loa Ulung dan Perjiwa.

“Jadi berapapun masyarakat yang belum vaksin silahkan datang sebanyak-banyaknya, karena lebih banyak lebih bagus dan hari ini kami memberikan jenis vaksinasi jenis Pfizer untuk dosis 1 dan dosis 2,” bebernya.

Disinggung mengenai antusias masyarakat menyambut vaksinasi yang diadakan BINDA Kaltim, Asnawi mengatakan antusiasme masyarakat sangat baik terbuktikan dari banyaknya masyarakat yang datang.

Sementara itu, Kepala Desa Loa Pari, I Ketut Sudiatmika mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi tinggi dari pemerintah desa Loa Pari, kecamatan Tenggarong Seberang kepada BINDA Kaltim melalui Kaposda BIN Kukar beserta Dinkes Kukar yang telah melaksanakan dan mempercayakan Desa Loa pari sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi.

“Tentunya kami sangat senang karena ada beberapa masyarakat desa Loa Pari dan desa disekitar yang terkendala dengan jarak khususnya orang yang sudah tua serta pelaksanaannya sangat disambut antusias oleh masyarakat,” jelasnya.

Untuk dosis yang diterima mulai dosis 1 dan dosis 2 karena banyak yang sudah vaksinasi di luar Wilayah loa pari.

“Harapannya setelah ini jika masyarakat masih ada yang belum mendapatkan vaksinasi agar dapat kembali dilaksanakan vaksinasi.” pungkasnya. (bdp/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ditandai Dengan Senam Zumba Bersama, Pembukaan Expo HKG PKK ke-51 Resmi Dibuka

18 Juli 2023 - 21:53 WIB

Binda Kaltim Gelar Vaksinasi di Desa Jembayan

25 Juni 2022 - 14:20 WIB

RSUD AM Parikesit Siap Tampung Pengidap Hepatitis Akut

10 Mei 2022 - 20:42 WIB

Varian Omicron Terkonfirmasi di Kukar, Kadinkes Minta Masyarakat Segera Lakukan Vaksinasi

14 Februari 2022 - 13:38 WIB

Antusias Warga Ikuti Vaksinasi dari Binda Kaltim

19 Januari 2022 - 04:25 WIB

BINDA Kaltim Gelar Vaksinasi Hingga Malam Dengan Target Pekerja dan Buruh

15 Desember 2021 - 08:38 WIB

Trending di Kesehatan