Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 17 Nov 2021 15:38 WIB

BPBD Akan Kembali Membentuk Desa Siaga Bencana


 BPBD Akan Kembali Membentuk Desa Siaga Bencana Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) siaga bencana membentuk desa tanggap bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kukar, Marsidik mengatakan pembentukan desa siaga bencana guna mengkaderisasi masyarakat setempat yang meliputi pra bencana, tanggap darurat, dan pasca bencana yang terkoordinasi dan terintegrasi.

Setiap tahunnya BPBD Kukar juga melakukan pelatihan kepada masyarakat dan Desember nanti kembali melakukan pelatihan kepada masyarakat di tiga desa wilayah Kutai Kartanegara bagian tengah untuk kesiapsiagaan terhadap bencana.

“Desa Tangguh Bencana sudah diselenggarakan bertahun-tahun dan Desember ini akan dibentuk 3 Desa Tangguh Bencana yang masing-masing desa dengan jumlah 90 orang dan kita pilih desa yang rawan bencana,” ucapnya.

Dikatakannya pula di Kukar sendiri ada yang khas menjadi salah satu sumber permasalahan yaitu tanaman apung seperti rumput tebal yang menutupi saluran sungai yang mengakibatkan transportasi air terhenti.

“itu berdampak dengan sosial ekonomi. Karena bencana ada alam dan bencana non alam serta bencana sosial,” katanya.

Jadi wilayah kabupaten Kutai Kartanegara yang sangat luas ini akan berhasil penanganan bencananya apabila keikutsertaan masyarakat secara optimal.

Lebih lanjut dijelaskan, ini adalah salah satu strategi pemberdayaan kinerja masyarakat yang sangat diperlukan, karena mereka yang tahu dan paham akan kondisi situasi serta ancaman bencana yang ada di wilayahnya.

Jadi mereka kita latih dan kaderkan Desa Tangguh Bencana, kegiatan seperti ini tidak hanya BPBD saja tapi dinas lainnya juga ada yang membentuk. Namun pada praktik dilapangan kita semua akan bekerjasama dan saling berkoodinasi guna melindungi masyarakat terhadap kerugian akibat bencana.

“Kita juga membantu sarana prasarana yang sifatnya pinjam pakai selama dipertanggungjawabkan seperti dirawat dan dijaga,” pungkasnya. (adv/dkom/bdp/ef)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Rendi Solihin Pastikan Beasiswa Kukar Idaman Kembali Dibuka di 2024

23 Januari 2024 - 20:22 WIB

Rendi Solihin Serahkan Bantuan Bus Sekolah ke Kecamatan Muara Jawa

20 Januari 2024 - 16:47 WIB

PAD Tahun 2023 Lepas Target, Bupati Kukar Akan Lakukan Evaluasi

3 Januari 2024 - 19:02 WIB

Realisasi Kegiatan Tahun 2023 Tembus 81 Persen

3 Januari 2024 - 19:00 WIB

Edi Damansyah Bagikan Bantuan di Kecamatan Sangasanga

2 Januari 2024 - 19:11 WIB

Trending di Home