Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 25 Mar 2023 16:04 WIB

DiskopUKM Kukar Gelar Sejumlah Pelatihan Bagi UMKM, Sasar di Kecamatan


 Kabid Pemberdayaan UKM DiskopUKM Kukar, Dianto Raharjo. (Istimewa) Perbesar

Kabid Pemberdayaan UKM DiskopUKM Kukar, Dianto Raharjo. (Istimewa)

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA- Demi meningkatkan kualitas pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Untuk itu, pelaku usaha diminta untuk terus mengikuti perkembangan teknologi informasi dengan menggunakan media sosial sebagai wadah untuk melakukan promosi produknya.

Maka dari itu, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DiskopUKM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan pelatihan. Diantaranya, pelatihan pemasaran, wirausaha baru berbahan baku lokal, penerbitan Nomor Induk Berusaha, hingga sertifikasi pangan industri rumah tangga (PIRT).

Kabid Pemberdayaan UKM DiskopUKM Kukar, Dianto Raharjo mengatakan, pihaknya menfasilitasi pelaku UMKM supaya produknya bisa dikenal banyak orang. Salah satunya dengan pelatihan pemasaran secara digital, mengingat peluangnya begitu terbuka lebar.

Tujuannya untuk memperkenalkan produk-produk lokal, bukan hanya dikenal di daerah sendiri tetapi juga dikenal di luar Kutai Kartanegara. DiskopUKM Kukar juga menggandeng Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) untuk menghasilkan tampilan yang menarik.

“Bagaimana memotret produk dengan angle (sudut pandang) yang bagus. Itu yang kami ajarkan bagi pelaku UMKM di Kukar, ucap Dianto.

Agar produk yang ditawarkan memiliki daya saing dan nilai jual di masyarakat. Diantaranya punya legalitas usaha lengkap seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikasi PIRT. Apabila belum memiliki, pemerintah akan memfasilitasi legalitas tersebut. Mulai dari konsultasi, pelayanan hingga pelatihan.

“Jadi kita menfasilitasi kepada pelaku usaha di Kukar, bagaimana mempunyai NIB, PRT dan hal-hal lainnya,” sambungnya.

Berbagai pelatihan yang digelar tak melulu di pusat ibu kota Kabupaten Kukar. Tetapi menyasar ke setiap kecamatan, sebab banyak pelaku UMKM di kecamatan yang perlu perhatian dan pendampingan langsung.

Setiap pelatihan lanjut Dianto, akan di informasi kepada pelaku UMKM yang di setiap kecamatan masing-masing. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan untuk mengetahui pelatihan apa yang diperlukan. Dari Kecamatan yang akan merekomendasikan jenis pelatihannya. “Sehingga sasaran pelatihan di kecamatan sesuai dengan kebutuhannya dan targetnya mengena,” pungkasnya. (adv/diskominfo/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Ambil Pusing Pencalonannya di Pilkada 2024, Edi Damansyah Fokus Sejahterakan Rakyat

19 Mei 2024 - 16:10 WIB

Penasihat DWP Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan ke Musium Mulawarman

27 April 2024 - 14:25 WIB

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Rendi Solihin Pastikan Beasiswa Kukar Idaman Kembali Dibuka di 2024

23 Januari 2024 - 20:22 WIB

Rendi Solihin Serahkan Bantuan Bus Sekolah ke Kecamatan Muara Jawa

20 Januari 2024 - 16:47 WIB

PAD Tahun 2023 Lepas Target, Bupati Kukar Akan Lakukan Evaluasi

3 Januari 2024 - 19:02 WIB

Trending di Home