Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 27 Mar 2023 15:56 WIB

DKP Kukar Sebut e-Kusuka Dapat Permudah Para Nelayan dan Pembudidaya Ikan


 Nelayan ikan (ilustrasi) Perbesar

Nelayan ikan (ilustrasi)

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meminta kepada para nelayan dan pembudidaya ikan, untuk segera memiliki Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan elektronik (e-Kusuka). Sebab, kartu tersebut untuk memudahkan para nelayan dan pembudidaya ikan apabila ada program dari pemerintah provinsi dan pusat.

Kepala DKP Kukar, Muslik menyatakan, hingga saat ini hampir 24 ribu nelayan dan pembudidaya ikan yang telah mendaftarkan diri dari total keseluruhan 35 ribu nelayan dan pembudidaya ikan Kukar. Terhitung hingga saat ini telah ada 13 nelayan yang telah masuk dalam validasi DKP Kukar.

e-Kusuka dipercaya dapat memudahkan akses untuk memperoleh berbagai program. Selain itu, bisa digunakan untuk mendapatkan akses Bahan Bakar Minyak (BBM) solar bersubsidi. Termasuk kemudian untuk penerima subsidi melalui program pengendalian inflasi, harus mempunyai identitas e-Kusuka.

Kendati demikian, DKP Kukar mengakui mendapat beberapa kendala. Akan tetapi pihaknya memastikan tidak membuat percepatan pendaftaran para nelayan dan pembudidaya ikan terhenti. Salah satunya terbatasnya jumlah Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) yang dimiliki DKP Kukar, yakni hanya sebanyak 9 orang PPL. 4 PPL berstatus PNS, 1 orang berstatus PPPK dan sisanya merupakan penyuluh pembantu yang berasal dari kementerian.

“Kita selalu melakukan percepatan itu, artinya kita lakukan sosialisasi dan lain sebagainya,” pungkasnya. (adv/diskominfo/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Ambil Pusing Pencalonannya di Pilkada 2024, Edi Damansyah Fokus Sejahterakan Rakyat

19 Mei 2024 - 16:10 WIB

Penasihat DWP Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan ke Musium Mulawarman

27 April 2024 - 14:25 WIB

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Rendi Solihin Pastikan Beasiswa Kukar Idaman Kembali Dibuka di 2024

23 Januari 2024 - 20:22 WIB

Rendi Solihin Serahkan Bantuan Bus Sekolah ke Kecamatan Muara Jawa

20 Januari 2024 - 16:47 WIB

PAD Tahun 2023 Lepas Target, Bupati Kukar Akan Lakukan Evaluasi

3 Januari 2024 - 19:02 WIB

Trending di Home