Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 22 Mar 2022 17:22 WIB

Edi Apresiasi Kualitas Bumdes Desa Loh Sumber Bisa Bersaing Dengan Produk Luar


 Edi Apresiasi Kualitas Bumdes Desa Loh Sumber Bisa Bersaing Dengan Produk Luar Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah lakukan kunjungan ke wilayah Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kukar.

Dalam kunjungannya Bupati Kukar juga didampingi beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yaitu Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Perkebunan (Disbun), Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang), Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Dinas Pekerjaan Umum (PU) serta Camat Loa Kulu dan Kades Desa Loh Sumber.

Dalam kesempatan tersebut. Bupati Kukar Edi Damansyah terlihat mencoba melakukan penanaman padi jenis varietas mikongga dengan menggunakan teknologi mesin rice transplanter.

Edi menjelaskan, ini merupakan kawasan persawahan yang menjadi binaan kemitraan antara Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Poktan. Jadi Bumdes melakukan kemitraan untuk pendampingan yang berkaitan dengan pembukaan lahan dan juga dibantu peralatan untuk bercocok tanam padi.

“Tadi sudah kita coba peralatan tanamnya sangat memudahkan petani dan juga hasilnya nanti dibeli oleh Bumdes, jadi bumdes sudah punya unit pengolahan dan ini sudah berproduksi dengan baik serta kualitas beratnya ini bersaing,” ungkap Edi.

Edi mengatakan, selama ini di Kukar yang merajai itu produk beras raja lele, jadi produk bumdes ini sudah mampu bersaing dengan produk raja lele. Program kemitraan ini tidak hanya dilakukan di Poktan Desa Loh Sumber tapi juga di beberapa desa di Kecamatan Loa Kulu.

“Saya mengapresiasi kades dan Direktur Bumdes yang sudah bekerja keras membangun Bumdes ini dengan baik nanti pihaknya akan sinergikan lagi karena kedepan ada persiapan MoU Pemkab Kukar bersama Bulog perwakilan Samarinda,” ujarnya.

Setelah nantinya sudah melakukan kerjasama dengan Bulog pihaknya juga akan berbicara tentang konsep budidaya, peningkatan produktivitas dan pasarnya, ini yang sedang pihaknya persiapkan nantinya. “Saat ini Bumdes sudah memproduksi beras dan sudah masuk pasar serta ada beberapa perusahaan di dekat Desa Loh Sumber juga untuk kebutuhan internal perusahaan dipasok melalui Bumdes ini,” tutupnya. (atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Ambil Pusing Pencalonannya di Pilkada 2024, Edi Damansyah Fokus Sejahterakan Rakyat

19 Mei 2024 - 16:10 WIB

Penasihat DWP Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan ke Musium Mulawarman

27 April 2024 - 14:25 WIB

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Rendi Solihin Pastikan Beasiswa Kukar Idaman Kembali Dibuka di 2024

23 Januari 2024 - 20:22 WIB

Rendi Solihin Serahkan Bantuan Bus Sekolah ke Kecamatan Muara Jawa

20 Januari 2024 - 16:47 WIB

PAD Tahun 2023 Lepas Target, Bupati Kukar Akan Lakukan Evaluasi

3 Januari 2024 - 19:02 WIB

Trending di Home