Menu

Mode Gelap

DISPAR KUTAI KARTANEGARA · 21 Mei 2024 12:30 WIB

Festival Begenjoh di Malang Diharapkan Berdampak Besar Terhadap Pariwisata Kukar


 Festival Begenjoh di Malang Diharapkan Berdampak Besar Terhadap Pariwisata Kukar Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Etam Begenjoh adalah sebuah kegiatan yang sudah lama terjalin kerjasama dengan mahasiswa Malang asal Kutai Kartanegara (Kukar). Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar berupaya memfasilitasi keinginan para mahasiswa tersebut.

Dalam rangkaian kegiatan ini, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispar Kukar, Sugiarto mengatakan menyelenggarakan Festival Begenjoh di kota Malang dengan tujuan memperkenalkan seni dan budaya dari Kukar kepada masyarakat Malang.

“Melalui acara ini, kami berharap masyarakat Malang dapat mengenal lebih dalam budaya lokal Kukar, sehingga mendorong mereka untuk berkunjung ke Kukar, ” ucapnya.

“Dengan kolaborasi ini, kami bertujuan untuk menghidupkan kembali pariwisata di Kukar melalui pengenalan budaya lokal di daerah lain dan memperkuat hubungan dengan komunitas mahasiswa asal Kukar di Malang,” sambung Sugiarto.

Melalui Festival Begenjoh, berbagai kegiatan seni dan budaya seperti tarian tradisional, musik daerah, dan pameran kerajinan tangan dari Kukar ditampilkan. Ini tidak hanya memperkenalkan kekayaan budaya Kukar, tetapi juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berperan aktif dalam mempromosikan daerah asal mereka.

Festival ini juga melibatkan berbagai elemen masyarakat di Malang, mulai dari pelajar hingga mahasiswa, Dengan begitu, tercipta sebuah ruang interaksi yang dinamis antara budaya Kukar dan masyarakat Malang. Harapannya, sinergi ini dapat menumbuhkan rasa saling menghargai dan ketertarikan yang lebih besar terhadap budaya lokal.

Selain itu, kerjasama dengan mahasiswa juga mencakup promosi pariwisata Kukar melalui media sosial dan platform digital lainnya. Mahasiswa berperan sebagai duta budaya yang aktif mempromosikan destinasi wisata Kukar, memperlihatkan keindahan alam, kuliner khas, dan kegiatan budaya yang unik kepada audiens yang lebih luas.

“Dengan berbagai inisiatif ini, kami berharap pariwisata Kukar dapat berkembang lebih pesat, menarik lebih banyak wisatawan domestik dan internasional, serta memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah. Kegiatan ini juga menjadi contoh bagaimana kolaborasi antara pemerintah daerah dan mahasiswa dapat menghasilkan dampak nyata bagi pelestarian dan promosi budaya lokal,” tutup Sugiarto. (adv/disparkukar/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Festival Eroh Bebaya Berhasil Jadi Perhatian Masyarakat Lokal Hingga Turis Asing di Yogyakarta

12 Juni 2024 - 23:08 WIB

Edi Damansyah Lakukan Silaturahmi Bersama KTNA Muara Kaman

11 Juni 2024 - 15:10 WIB

Teks foto :istimewa

Festival Eroh Bebaya Sukes Digelar, Dispar Kukar : Ini Bagian Promosi Wisata dan Kebudayaan Kukar

10 Juni 2024 - 09:53 WIB

Sektor Wisata di Kecamatan Kota Bangun Berikan Dampak Bagi Pelaku UMKM

8 Juni 2024 - 21:13 WIB

Teks foto : Desa Wisata Pela

Dispar Kukar Ajak Pelaku Industri Pariwisata ke Yogyakarta untuk Studi Tiru

8 Juni 2024 - 14:32 WIB

Teks foto : Suasana Sharing bersama Pelaku Pariwisata Yogyakarta (angga/okeborneo.com)

Dispar Kukar Lakukan Study Tiru dan Sharing Seasons di Yogyakarta, Kembangkan Sektor Pariwisata

8 Juni 2024 - 12:32 WIB

Teks foto : Suasana study tiru oleh Dispar Kukar (angga/okeborneo.com)
Trending di DISPAR KUTAI KARTANEGARA