Menu

Mode Gelap
Mahasiswa Pascasarjana KPI UINSI Gelar Public Speaking Untuk Tahun 2023 , Distransnaker Kukar Usulkan Kenaikan UMK Kukar Sebesar 6.09 % DPRD Kukar Sambut Baik Usulan Kenaikan UMK Kukar Siswono Cahyono Minta Pemkab Berikan Solusi untuk PKL Berdagang Galang Dana Tanpa Izin di Lampu Merah, Sejumlah Anjal Ditertibkan Satpol PP Kukar

Pemkab Kutai Kartanegara · 15 Sep 2022 10:50 WIB

Hadapi IKN, Pemkab Kukar Tetapkan Lima Kawasan Jadi Lumbung Pangan


 Hadapi IKN, Pemkab Kukar Tetapkan Lima Kawasan Jadi Lumbung Pangan Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Dengan ditetapkannya wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN) . Hal ini pun menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), karena diyakini akan bertambahnya penduduk yang berdatangan ke wilayah Kaltim. Lima kawasan pertanian pun telah ditetapkan oleh pemerintah dalam memenuhi ketahanan pangan di Ibu Kota Nusantara maupun Kalimantan Timur (Kaltim).

Diketahui, penetapan lima kawasan lumbung pangan tersebut merupakan bagian dari program Pembangunan Pertanian Dalam Arti Luas Berbasis Kawasan yang masuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021- 2026.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar, Sutikno, mengatakan, kawasan pertama berada di Kecamatan Sebulu dan Muarakaman yang terdiri dari Desa Sumber Sari, Manunggal Daya, Cipari Makmur, Sido Mukti, Panca Jaya dan Desa Bunga Jadi. Luas lahan yang ditetapkan sebagai lumbung pangan di kawasan pertama tersebut seluas 1.520,63 hektare.

Kawasan kedua berada di Kecamatan Tenggarong Seberang, terdiri dari Desa Bangun Rejo, Karang Tunggal, Manunggal Jaya, Bukit Raya, Loa Lepu, Teluk Dalam Loa Ulung dan Embalut. Dengan luas lahan 1.650,05 hektare. Kemudian kawasan ketiga lokasinya juga berada di Kecamatan Tenggarong Seberang, meliputi Desa Kertabuana, Buana Jaya, Bukit Pariaman dan Sukamaju. Total luas lahannya 2.166,71 hektare.

Sedangkan kawasan IV berada di Kecamatan Tenggarong dan Loa Kulu, meliputi Kelurahan Bukit Biru, Jahab, Desa Jembayan, Sumber Sari, Sepakat, Ponoragan dan Rempanga. Total luas lahannya 1.082,16 hektare. Yang terakhir berada di Kecamatan Marang Kayu, meliputi Desa Santan Ulu, Semangko dan Sebuntal. Dengan total luas lahan 1.082,16 hektare.

Ia menjelaskan, program pembangunan pertanian berbasis kawasan ini memprioritaskan pembangunan 120 embung dan 120 kilometer jalan usaha tani yang akan dikerjakan secara bertahap. Kemudian membangun jaringan-jaringan irigasi.

“Fokus tahun ini untuk pembangunan lima embung, Yang sudah kontrak itu jaringan irigasi di Desa Manunggal Daya, Sebulu. Baru nanti Bukit biru lanjut jalan usaha tani,” sebutnya.

Program pembangunan pertanian berbasis kawasan ini juga bagian dari upaya dalam mewujudkan Kukar menjadi lumbung pangan di Kalimantan Timur (Kaltim) serta IKN.

“Apalagi kita ketahui, bahwa Kukar dengan luas wilayah mencapai 27.263 km² ini sangat memiliki potensi untuk terus dikembangkan, terutama di sektor pertanian,” kata Sutikno.

Program pembangunan pertanian berbasis kawasan itu juga mendapat dukungan dari salah satu akademisi di Kukar, yaitu Rektor Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), Prof Ince Raden.

Ia menyebut, ditetapkannya lima kawasan itu akan mempermudah dalam pengelolaan dan pengembangannya, terutama dalam meningkatkan produktivitas pertanian. Kemudian bantuan pembangunan infrastruktur seperti jalan usaha tani dan jaringan irigasi yang diberikan kepada kelompok tani bisa tepat sasaran.

“Pengembangan hilirisasi juga bisa disesuaikan dengan kapasitas produksi kawasan itu,” sebut Ince.

Ia berharap, dengan ditetapkan lima kawasan tersebut dapat berkontribusi untuk memenuhi bahan pangan di Kukar dan juga bisa menjadi penyedia bahan pangan untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Harga juga lebih terjangkau dan tidak harus mendapatkan dari luar untuk menyuplai bahan pangan,”tutupnya. (adv/prokom/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bupati Kukar Intruksikan Kepada Cabor untuk Terus Cetak Atlet Berprestasi

16 November 2022 - 20:37 WIB

Kadispar Kukar Jadi Narasumber di Bimtek Pemasaran Kemenparekraf RI

16 November 2022 - 18:26 WIB

DP2KB Kukar Tetapkan 21 Lokus untuk Pencegahan Stunting

16 November 2022 - 18:14 WIB

Bupati Kukar Imbau Petani dan Nelayan Agar Bisa Memiliki KTA, Agar Mempermudah Penyaluran Bantuan

15 November 2022 - 19:37 WIB

Tingkatkan Produksi Tanaman, Disbun Kukar Distribusikan Pupuk dan Saprodi untuk Pekebun Kurang Mampu

15 November 2022 - 19:30 WIB

Hadiri Acara PSDKU, Dispar Kukar Harap ISBI Berkembang dan Angkat Kesenian di Kukar

15 November 2022 - 19:29 WIB

Trending di Pemkab Kutai Kartanegara