Menu

Mode Gelap

DPR RI · 5 Agu 2021 12:06 WIB

Hetifah Serap Aspirasi Perguruan Tinggi Bontang


 Hetifah Serap Aspirasi Perguruan Tinggi Bontang Perbesar

Dorong Link and Match Dunia Usaha – Industri

okeborneo.com, JAKARTA – Hetifah Sjafudian, MPP Wakil Ketua Komisi X DPR RI melakuan pertemuan secara virtual guna serap aspirasi dunia pendidikan dengan Universitas Trunajaya (Unijaya) Bontang. Rabu (4/8/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh Bilher Hutahaean (Rektor Unijaya), Bachnur Effendi (Wakil Rektor III Bid. Kemahasiswaan dan Alumni), serta mahasiswa para penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Untuk diketahui pada tahun 2020, Hetifah Sjaifudian telah memfasilitasi mahasiswa Unijaya Bontang sebanyak 33 mahasiswa untuk mendapat KIP-K dan 31 mahasiswa untuk UKT.

Bilher Hutahean yang membuka acara tersebut, menyampaikan terima kasih atas bantuan KIP K dan UKT. KIP-K dan UKT sangat membantu dalam kondisi Covid-19 seperti ini. Bukan hanya mmembantu mahasiswa, namun juga meringankan beban ekonomi kampus. “Terima kasih Ibu hetifah atas perhatian kepada kami keluarga besar civitas Unijaya Bontang,” ucapnya.

Mewakili mahasiswa, Yusril Ihza Mahendra selaku Presiden pengurus BEM Unijaya Periode tahun 2021-2022 sampaikan besarnya manfaat bantuan kuliah di masa Covid-19. Berdasarkan statistic Bontang, jumlah penduduk miskin mencapai kurang lebih 7.000 orang. Kondisi ini diperparah dengan pandemi dan PPKM yang menyebabkan banyak orang tua mahasiswa di PHK dari kerjanya atau terpaksa gulung tikar usaha. “Dengan adanya UKT dan KIP K melalui Ibu Hetifah, kami sangat terbantu,” ucapnya.

Hetifah Sjaifudian mengingatkan peran strategis Bontang di masa depan. Dalam waktu dekat, Bontang akan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara Indonesia di Kaltim. Oleh karena itu, Unijaya Bontang harus terus lanjutkan kebaikan ini, mencetak lebih banyak SDM berkualitas untuk Kaltim dan Indonesia. “Mahasiswa tidak boleh takut kuliah karena tidak ada biaya. Pasti ada bantuan dari pemerintah,” papar perempuan legislator daerah pemilihan Kaltim tersebut.

Hetifah juga ingatkan pentingnya peran pendikan tinggi dalam proses link and match dengan industri. Bontang juga merupakan pusat industri. Dirinya berharap Unijaya dapat menjadi jembatan link and match antara kebutuhan Dunia Kerja dan Industri (DUDI) dengan mahasiswa. Contohnya, Unijaya dapat kerjasama dengan perusahaan di Bontang untuk memfasilitasi kegiatan magang. “Mahasiswa juga dapat magang di DPR RI. Dengan begitu, mahasiswa-mahasiswa yang lulus dapat cepat terserap di DUDI,” pungkasnya. (*/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

FEB Untag Samarinda Gelar Pengabdian Masyarakat di Kedang Ipil

27 Mei 2024 - 19:30 WIB

Tingkatkan Kapasitas Pelaku Parekraf di Balikpapan, Hetifah: Public Speaking Jadi Kebutuhan Untuk Makin Maju

23 Mei 2024 - 20:48 WIB

Semangat Belajar di Tengah Keterbatasan: Kisah Inspiratif dari SMP Negeri 9 Kota Bangun

11 Mei 2024 - 07:40 WIB

SMP Negeri 3 Tanjung Redeb Gelar Pelatihan Jurnalistik

10 Mei 2024 - 17:11 WIB

Peringati Hari Pendidikan Nasional, PT CNL Berikan Bantuan Insentif Guru

3 Mei 2024 - 13:49 WIB

Gelar Penguatan Kapasitas Pegiat Pariwisata, Hetifah : Kita Siapkan Paser jadi Daerah Mitra Unggulan IKN

3 Mei 2024 - 13:38 WIB

Trending di Pendidikan